Sabtu, 07 Maret 2009

Pengembangan Mobile Learning "Persamaan Garis Lurus"

Laporan presentasi saya pada Analisis Kebutuhan Model Pembelajaran Mobile Learning pada tanggal 3 Maret 2009 di hotel Ungaran Cantik

Materi
Dalam produksi ini saya hanya ingin menunjukkan menariknya mobile learning yang saya buat. Agar proses produksinya tidak berkepanjangan makan saya hanya mengambil materi dari naskah online di www.e-dukasi.net. Materi yang begitu banyak saya pilah pilah kemudian saya pilih dengan kriteria materi tidak begitu banyak dan menarik untuk diadopsi menjadi mobile learning. Akhirnya terpilih materi online dengan judul “Persamaan Garis Lurus” Yang ditulis oleh Fitri Merry Yuliana, S.Pd
Pra Produksi
Saya mencoba beberapa applikasi mobile untuk merasakan sensasinya atau mendapatkan feel dari mobile aplikasi. Menurut saya feel ini sangat penting, karena setiap media atau aplikasi pasti memiliki feelnya masing-masing. Berbagai aplikasi yang saya coba, tidak semuanya aplikasi edukasi, ada yang game, email client web browser, chat client dan lain-lain. Saya hanya ingin merasakan sensasinya hingga dapat mendiskripsikan style dari mobile application.
Style mobile application
Pemanfaatan Softkey kiri dan softkey kanan. Semua mobile aplikasi pasti memanfaatkan tombol ini. Tombol ini memiliki arti yang beragam tergantung teks yang ada diatasnya. Biasanya memiliki arti masuk program, keluar program, menu, option dan hal-hal yang merupakan pokok perintah dalam program tersebut.
Tombol Navigasi, tombol ini menupakan tombol untuk mengarahkan krusor. Kelompok tombol ini memiliki 4 tombol arah dan 1 tombol tengah yang berarti seperti enter. Tombol ini berfungsi untuk mengarahkan pilihan dan tombol tengahnya untuk memilih.
Tombol Numerik, tombol ini digunakan untuk memasukkan variable huruf maupun angka. Proses memasukkannya sama seperti saat menulis SMS.
Tombol GUI (Graphics User Interface), tombol ini adalah tombol virtual yang tergambar pada layer monitor. Tombol ini digunakan untuk menjalankan sebuah fungsi atau melompat ke halaman lain.
Pemanfaatan menu Pull Up pada softkey left. Dari sekian banyak applikasi yang sudah saya coba, sebagian besar softkey left nya berfungsi sebagai pull up menu atau pull up option.
Pilihan aplikasiJava : file lebih ringkas, pemrograman berdasar teks base, kesulitan membuat media animasi
Flash Lite : berbasis pada object, memiliki action script dan mudah membuat visualisasinya.
Pilihan saya jatuh pada Flash lite karena dalam conten yang akan dikembangkan akan banyak terdapat gambar, animasi bahkan simulasi. Selain itu Flash memang cocok untuk mengembangkan media pembelajaran. Keunggulan lainya adalah file swf dari flash dapat langsung dijalankan tanpa proses instalasi terlebih dahulu.
Tingkat kompatibilitasSaat ini handphone keluaran tahun 2007 keatas dengan spek menengah keatas dari berbagai merek sudah suport dengan flash lite. Dari beberapa kali percobaan yang saya lakukan, perbedaan pemanfaatan flash lite dalam setiap device hanyalah masalah ukuran layar saja. Solusi yang dapat kita lakukan dengan cara membuat beberapa conten yang sama dalam satu judul. Perbedaannya hanyalah pada ukuran stage flash lite yang kita kembangkan.

Produksi
Pembuatan Judul
Softkey kiri untuk masuk ke program
Softkey kanan untuk keluar dari program















Macam Menu
Softkey kiri untuk memilih materi yang tertera dalam krusor
Softkey kanan untuk membatalkan pilihan dan menutup pull up menu













Menu Help
Softkey kiri untuk mengeluarkan pull up menu yang berisi meteri materi yang disajiakan
Softkey kanan untuk keluar dari program
Tombol navigasi naik dan turun untuk melakukan scroling teks











Menu Isi Materi
Softkey kiri untuk mengeluarkan pull up menu yang berisi meteri materi yang disajiakan
Softkey kanan untuk keluar dari program
Tombol navigasi naik dan turun untuk melakukan scroling teks
Tombol navigasi kiri dan kanan untuk menganti halaman









Menu Simulasi
Softkey kembali ke materi
Softkey kanan untuk keluar dari program
Tombol navigasi untuk memilih/clik tombol atau variabel yang akan diubah













Menu Tes
Softkey kembali ke materi
Softkey kanan untuk keluar dari program
Tombol navigasi untuk memilih/clik tombol














Menu Penutup
Softkey kiri untuk keluar program
Softkey kanan untuk kembali ke program















Pasca Produksi
Agar mobile learning ini dapat dimanfaatkan dengan masal, maka kita harus dapat mendistribusian seluas-luasnya dengan berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa cara yang dapat kita adopsi adalah :
Mengunakan Portal web
Kita dapat membuat portal web di internet sehingga user bisa mendownload conten mengunakan komputer, kemudian konten tersebut dimasukkan ke Hand Phone dan dapat dimanfaatkan (seperti www.getjar.com)
Mengunakan prortal wap
Kita dapat membuat portal wap di internet sehingga user bisa langsung mendownload contern mengunakan Hand Phone dan dapat dimanfaatkan (seperti wap.getjar.com)
Mengunakan BluethootDistribusi conten ini berlangsung dari HP ke HP. Untuk mengunakan cara ini tentu saja pelaku penyebaran (agen penyebaran) sebelumnya sudah melakukan langkah pertama atau yang kedua. Agen penyebaran ini dapat dilakukan saat sosialisasi atau dilakukan oleh guru.
Mengunakan CD/Flash Disk
Untuk mengunakan cara ini tentu saja pelaku penyebaran (agen penyebaran) sebelumnya sudah melakukan langkah pertama atau yang kedua. Agen penyebaran ini dapat dilakukan saat sosialisasi atau dilakukan oleh guru. Conten yang sudah di distribusikan oleh device komputer ini kemudian dimasukkan ke HP agar dapat dimanfaatkan sebagai mana mestinya

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

5 Komentar :

Anonim mengatakan...

om.. untuk contoh ini... ada ga tutorialnya ??

Tonimation mengatakan...

ya nanti saya buatkan postingan cara membuat mobile aplikasi dengan flash lite.

Anonim mengatakan...

file *.fla nya pak... kalo bisa... thx
untuk di pelajari source codenya pak.. thx

Tonimation mengatakan...

sebenarnya source codenya ada di postingan lain, silahkan dibaca-baca dulu postingan lainya

Yepeadi mengatakan...

Terimakasih informasi pendidikan bagus gan blognya, makasih ya, keep bloging, dan terus berkarya semoga agan sehat selalu
baca juga buat yang tau biaya kuliah di STAN / sekolah tinggi akuntansi negara

Posting Komentar