Kamis, 01 April 2010

AS di movieclip : Belajar AS Flash Dasar #3

Ada 3 macam posisi AS dalam flash AS di Frame, AS di Button dan AS di movieclip, untuk yang pertama yang ke dua sudah dibahas pada post sebelumnya. Saatnya sekarang untuk membahas AS di movieclip.
Sama seperti AS pada button, pengunaan AS pada movie clip selalu diikuti dengan event. Jadi AS tersebut akan dijalankan pada saat event berlangsung. Bila ingin membuat AS pada movie clip, clik movie clip hingga muncul tulisan Action – Movie Clip di atas docker AS seperti gambar dibawah ini. Lalu ketik listing program pada tempat yang disediakan. Perhatikan gambar berikut.
Gambar pada lingkaran merah dibawah ini menunjukkan bahwa AS yang dibuat dipasang pada movieclip.


Pada gambar diatas terlihat mengunakan event enterframe yang berarti pada setiap mc menjalankan frame akan menjalankan script yang ditulis. Ada beberapa event yang lain misalnya :

  • Load : Saat movie clip loading
  • EnterFrame : Setiap movie clip menjalankan frame
  • Unload : Saat movie clip di unload
  • Mouse down : Setiap klik mouse di tekan
  • Mouse up : Setiap klik mouse di lepas setelah di klik
  • Mouse move : Setiap mouse digerakkan
  • Key down : Setiap tombol keyboard ditekan
  • Key up : Setiap tombol keyboard dilepas setelah ditekan
Cara membuat AS di button
  1. Buat movie clip
  2. Klik movie clip tersebut lalu pastikan kalau Action yang akan ditulis berada pada movieclip dengan membuktikan seperti gambar diatas.
  3. Tuliskan scrip dibawah ini
  4. onClipEvent (enterFrame) { mc2._rotation += 15; }
  5. Test Movie dengan menekan kontrol enter dan perhatikan perubahan yang terjadi pada movieclip.
Bila anda tidak melakukan kesalahan anda akan membuat animasi seperti dibawah ini

Keyword Post :
Adobe Flash, Contoh pemanfaatan action script, belajar actionscript

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

6 Komentar :

antonnugie mengatakan...

Kpd Bpk "Tonimation"

Saya hendak membuat:
aplikasi kartu nama utk Mobile device
berbasiskan Flash Lite & SQL Lite

Selama ini saya mencari reference tp belum menemukan kombinasi keduanya, Mohon bantuan petunjuk & pengarahan.

Terima kasih

Tonimation mengatakan...

Oke deh kalo memang ada yang meminta nanti coba saya buat tutorialnya

Anonim mengatakan...

bang, ane kgk bisa. tidak bisa masuk "action - Movie clip", tapi cuma Action doang, gmn bos?

Tonimation mengatakan...

action - movie clip adalah action pada movie clip, sebelum menulis di action klik dulu movie clip yang akan diisikan action script

Unknown mengatakan...

mkasih, referensinya bagus,..:)
mampir juga di sini ya,..
http://bengkelflash.com/ (pembuatan game flash)

Unknown mengatakan...

Apron menyusui online satu kegiatan yang paling favorit yang menikmati sebagian besar keluarga selama musim panas atau kapan saja mereka bebas bepergian. Akan suatu tempat yang Anda bersama dengan seluruh keluarga Anda jual nursing apron animal safari front murah dapat menikmati menghasilkan waktu yang hebat, bukan hanya karena Anda bebas dari puluhan kerja banyak pekerjaan kantor, itu benar-benar kesempatan yang sempurna untuk membuat ikatan dengan anggota keluarga Anda yang lain.

Salah satu relung terbaik dalam pengiriman drop aksesoris untuk bayi. Setiap detik bayi bayi dibawa ke planet kita. Sebagai orang tua baru akan Anda ingin memiliki anak Anda hal-hal yang terbaik yang mereka dapat memiliki. Ini adalah kutukan menjadi orang tua bersemangat. Bahkan kakek-nenek dan bibi lebih memilih untuk mandi tantangan jual nursing apron motif animal fun murah baru bagi anak itu.

Tidak ada yang akan memiliki setiap dianggap fashion yang akan menyentuh dunia pakaian bayi juga meskipun kemajuan yang cepat, segala sesuatu dan apa-apa sekarang mungkin! Anak-anak kecil yang melihat mereka memakai rok mini dan atasan halter mencari untuk melihat dan menjadi bagian atas, tetapi di suatu tempat, tidak bersalah yang hilang! Meskipun beberapa dari mereka pakaian jazzy benar-benar bisa terlihat bagus tetapi kebanyakan dari mereka hanya menyingkirkan bersalah dan membuat anak itu sebuah manekin yang menarik! Anda jual nursing apron murah celemek ibu menyusui mungkin telah juga mengamati banyak orang berpakaian bayi perempuan lucu mereka dalam pakaian ini, yang bahkan tidak sesuai dengan mereka, tetapi mereka hanya diminta untuk menempatkan mereka pada untuk terlihat bagus. Orang tua menggunakan menggila bahwa bayi mereka akan terlihat dasarnya yang paling manis, terlepas apa yang terlihat baik dan apa yang does't!

Persediaan pada kisaran Etsy dari persediaan rata Anda mungkin menemukan di hampir setiap toko kerajinan ke termasuk kustom lebih unik membuat manik-manik atau kain dicelup. Untuk mendapatkan pemikiran yang lebih baik dari jenis persediaan terobsesi tentang Etsy, mulai melihat area pasokan situs Etsy ini. Jika Anda ingin menambahkan item ini paling populer untuk toko Etsy Anda, pertimbangkan untuk menambahkan pasokan orang mungkin ingin menggunakan untuk beralih bagian atau menyesuaikan barang-barang Anda sudah menjual.

Toko online ini termasuk pilihan yang paling layak ketika Anda tidak perlu hop sekitar dari toko ke toko mencoba untuk menemukan setelan terbaik dan ukuran yang tepat. Toko memiliki trouible dengan kekurangan kapasitas penyimpanan Namun, Anda jarang akan menghadapi masalah kehabisan stok saat membeli secara online. Lain kemudian pakaian mereka penuh dengan aksesoris yang indah bayi seperti sepatu, kaus kaki, mainan kerincingan bayi, bantal gigi, mainan mewah dan bahkan lebih. Secara keseluruhan, toko-toko ini benar-benar adalah one stop di mana seseorang bisa mendapatkan apa yang anak-anak 0 sampai 12 tahun akan memerlukan tujuan.

Posting Komentar