Selasa, 21 Juni 2011

Membuat Quis dgn Flash atau Flash Lite

Postingan ini akan membahas tentang quis sederhana, ya ... kita akan membuat quis. Kali ini saya tidak memisahkan pembuatan quis versi Flash dan quis versi flash lite. Kedua versi ini memiliki konsep dasar yang sama, hanya ada sedikit perbedaan mengenai action scriptnya.
Isi Tampilan Soal
Konsepnya adalah memanfaatkan keyframe pada masing masing frame untuk mengisi tampilan soalnya. Jadi 1 soal atau 1 tampilan soal dipasang pada 1 keyframe. Isi tampilan per soal hanyalah teks static dan ditambah tombol pilihan (perhatikan gambar 1).
Respon Soal
Movieclip respon (instant namenya juga "respon")dipasang sama untuk semua soal. Movie clip respon dapat dilihat pada gambar 2.Mc respon terbagi dalam 2 layer dan 3 kelompok frame. 2 layer digunakan untuk Action script dan 1 lagi untuk tampilannya. Sedang 3 kelompok frame adalah 1 frame saat tidak ada tampilan, dan beberapa frame untuk memberikan tampilan saat respon benar dan salah. Di awal kelompok frame benar dan salah di pasang label benar dan salah (lihat gambar 2).

Proses Jalannya Program
Tampil soal pertama seperti tampilan pada frame pertama. Bila user mengklik pilihan maka pilihan akan di cocokan dengan kunci, jika benar maka akan menyuruh mc respon untuk lompat ke label benar begitu pula saat jawaban salah. Setelah proses tampilan respon selesai, mc respon akan kembali ke frame 1 dan memerintahkan root untuk melompat ke frame selanjutnya dan ini berarti tampilan ke soal selanjutnya. Bila soat telah habis, quis akan menampilkan tampilann terakhir yaitu menampilkan hasil tes. Frame Hasil tes terdiri dari 1 static text untuk judul frame dan 3 dinamic text yang berisi variable "benarnya", "salahnya" dan "nilainya".
Action Script untuk Flash Lite
AS untuk setiap frame pada soal :

kunci = "a";
stop();

AS untuk tombol pada soal :

on (release) {
if (kunci eq "a") {
tellTarget ("respon") {
gotoAndPlay("benar");
}
} else {
tellTarget ("respon") {
gotoAndPlay("salah");
}
}
}

AS untuk frame pada hasil tes :
benarnya = "Benar : " add benar;
salahnya = "Salah : " add salah;
nilainya = "Nilai : " add benar*10;

AS untuk frame 1 pada mc respon :
stop();

AS untuk akhir frame pada kelompok frame benar pada mc respon :
gotoAndStop(1);
tellTarget ("/") {
nextFrame();
benar += 1;
}

AS untuk akhir frame pada kelompok frame salah pada mc respon :
gotoAndStop(1);
tellTarget ("/") {
nextFrame();
salah += 1;
}

Action Script untuk Flash
Tidak semua AS pada Flash dan Flash Lite berbeda, untuk quis ini semua sama, yang berbeda adalah:
AS untuk tombol pada soal :
on (release) {
if (kunci eq "a") {
respon.gotoAndPlay("benar");
} else {
respon.gotoAndPlay("salah");
}
}

AS untuk akhir frame pada kelompok frame benar pada mc respon :
gotoAndStop(1);
_root.nextFrame();
_root.benar += 1;
}

AS untuk akhir frame pada kelompok frame salah pada mc respon :
gotoAndStop(1);
_root.nextFrame();
_root.salah += 1;
}


Keyword Post :
Adobe Flash, Adobe Flash Lite, Action script untuk Quis, membuat quis

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

9 Komentar :

read,write, and win mengatakan...

terimakasih sekali atas bantuannya.... menjadi kebaikan untuk semua.. ini sangat membantu, mengingat masih sdikit tutorial flash lite dlm bahasa indonesia ^^ salam kenal

Tonimation mengatakan...

sama-sama. terimakasih juga atas dukungannya.

Pradana mengatakan...

trimakash atas tutorialnya,, tapi, bagaimana jika soal tersebut berkali2 dimainkan..? dengan menggunakan
benarnya = "Benar : " add benar;
salahnya = "Salah : " add salah;
nilainya = "Nilai : " add benar*10;

maka nilai, salah dan benar, jika dimainkan berulang2 akan terus bertambah nilainya..
bagaimana caranya untuk menghentikan atau merestart agar nilai, benar dan salah kembali "0" walaupn dimainkan berkali2

Tonimation mengatakan...

tambahkan aja pada frame awal script benar = 0; dan salah = 0; maka setiap memulai quis nilai variable benar dan salah adalah 0, dan jika diulang ulang quis tersebut diawali dengan nilai benar dan salah sama dengan 0.

pradana mengatakan...

trimaksh byk.. Its work, sukses

Tonimation mengatakan...

sippp!

andrian yudha laksana mengatakan...

salam kenal brader tony . . . tulisan Anda sangat membantu saya sebagai pecinta flash . . .
terimakasih bravo . . . d(^.^)

iantono mengatakan...

script yang dipasang di frame terakhir untu hasil error bos (saya makai adobe flash cs 3, tapi action scriptnya makai as2

Unknown mengatakan...

Kasur bayi music aksesoris untuk tot kecil Anda adalah pengalaman yang luar biasa, meskipun mungkin membingungkan di kali karena ada begitu banyak untuk memilih dari. Ada banyak barang dagangan yang lucu membuat dirancang untuk bayi dengan cara kereta, pakaian, seprei, mainan, botol susu, dot dan dan juga pada pergi daftar ini. Yang kasur kelambu bayi baby dream penting berikut ini adalah untuk mengetahui hal yang paling penting untuk bayi adalah seberapa baik fungsi aksesori bukan cara yang sebenarnya terlihat, bagian yang sangat cocok untuk Anda. Satu set yang baik dari aksesoris dapat menghasilkan pekerjaan orangtua kurang sulit, sementara menjaga bayi baru lahir nyaman.

Bayangkan saja eksklusivitas pakaian modis terbaru yang baik disesuaikan hanya untuk bayi perempuan Anda. Ada pilihan yang tak ada habisnya rok lucu dari yang untuk memilih, puncak yang terlihat wow dan orang-orang kecil, rok cantik yang akan terlihat benar-benar sempurna pada putri Anda sendiri atau ratu. Mode pakaian bayi akhirnya berakhir menjadi pembicaraan dari kota karena setiap orang tua tunggal ingin anak-anak mereka untuk tampil jual kelambu kasur bayi murah canopy 180x200 terbaik. Menjadi modis akan sepotong untuk orang dewasa tetapi sekarang telah berkembang menjadi bagian dari kehidupan dari orang-orang muda juga. Bahkan, orang telah pergi ke jenis sejauh mana anak-anak terlihat menjadi berjalan lorong di jalan untuk fashion show dari merek besar menawarkan pakaian untuk anak-anak. Anak-anak kecil yang lucu dan gadis-gadis yang umum dihiasi dengan make-up dan pakaian yang jazzy hanya untuk memikat beberapa orang tua dengan orang-mata pakaian catchy. Ini telah menjadi isu kontroversial untuk beberapa waktu yang baik tentang mendapatkan anak-anak bekerja, tapi serius, siapa yang peduli ketika uang tersebut pada pertanyaan? Di sisi lain, ketika itu adalah tentang orang tua, mereka hanya melihat pakaian modis dan memiliki mereka untuk anak kecil Anda jika itu hal-hal yang mereka sukai, tanpa dengan biaya tinggi dari itu. Ini pakaian desainer bayi mungkin terlalu kecil dalam dimensi tetapi mereka memang sangat mahal!

Ada banyak pilihan ketika datang untuk jual kelambu kasur bayi murah canopy 160x200 memilih keluar kostum yang tepat dari sebagian besar toko-toko utama tetap kostum diproduksi massal memiliki satu masalah besar: diproses kimia. Bahan kimia plastik yang lazim di masker wajah, cat dan jubah dapat memperkenalkan racun yang tidak diinginkan untuk kulit dan paru-paru anak.

Di sini kita melihat lebih dekat pada beberapa item eco-bayi yang dibawa oleh BabyEarth, dari botol kaca dengan warna-warni cover mereka melalui furnitur bayi hijau. Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai cara untuk hijau dengan bayi, periksa Favorit Non Toxic Green Bayi Mainan dan Memilih Non Toxic Co-Sleepers untuk Bayi.

Berbagai macam produk bayi yang diperlukan dalam tahap bayi tumbuh, berasal dari kit mandi untuk mainan. Orang tua perlu berhati-hati saat memutuskan produk yang dunia bayi. Kosmetik tidak harus sangat wangi dan bahkan jauh karsinogenik. pH seimbang barang adalah Anda dapat menemukan. Hal ini paling aman untuk memilih produk tersebut saja. Penggunaan ringan sabun, sampo, tisu, lotion dan minyak memastikan perlindungan kulit bayi yang halus. Setiap orang tua perlu menjaga kit pertolongan utama siap setiap saat. Hal ini menghemat banyak masalah dari memancing untuk persediaan di seluruh rumah dalam keadaan darurat. Pemeliharaan kebersihan yang tepat adalah penting. Sebuah survei sangat berhati-hati dalam popok terbaik untuk anak Anda harus dilakukan. Ini penting anak nyaman dalam / popok nya. Dan terakhir mempertahankan lembar memo dan menyimpan momen-momen mengesankan dengan orang tua dan kehidupan bayi sangat penting. Mereka adalah kenangan seseorang dapat memiliki!

Posting Komentar