Sabtu, 19 April 2014

Tombol dan action script 3 untuk android

Button adalah komponen yang penting dalam Adobe Flash. Karena dengan button kita dapat membuat animasi yang interaktif. Misalnya dengan mengunakan botton user dapat memerintah animasi untuk melaompak ke scene atau frame yang lain. Selain itu dapat digunakan membuat effek-effek yang lain. Di dalam button ada 2 macam keadaan yaitu Up, Over dan Down. Jadi untuk membuat button kita harus membuat tiga gambar. Bila kita mambuat button maka nomer frame akan berubah menjadi Up, Over, Down dan Hit.

  • Up : bila krusor berada di luar Hit
  • Over : bila krusor berada di area Hit
  • Down : bila mouse di klik dan krusor berada di area hit
  • Hit : area untuk mengaktifkan fungsi button. Bila kosong maka areanya sesuai dengan gambar yang ada.
Dengan tiga keadaan di atas maka button akan menjadikan animasi yang dibuat interaktif. Agar button yang kita buat menjadi lebih dinamis kita dapat memasangkan movie clip pada salah satu keadaan. Misalkan pada frame down kita pasangkan movie clip dan pada frame up gambar statis maka bila button tersebut dijalankan dan mouse berada di posisi hit maka gambar button tersebut bergerak dinamis sesuai dengan movie clip yang dipasangkan.
Ada tiga cara pemanfaatan button dalam adobe flash yaitu :
  • membuat button sendiri
  • memanfaatkan button dalam common libraries
  • memanfaatkan button dalam components.

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BUTTON

  1. Buka Adobe Flash CS 6 kemudian buat dokumen baru mengunakan langkah seperti modul 1. Anda juga dapat merubah ukuran stage sesuai dengan keinginan anda. Meskipun bebas gunakan rasio resolusi layar handphone.
  2. Untuk membuat Button diawali dengan cara membuat object misalnya segi empat di dalam state. Kemudian klik kanan object tersebut dan pilih “convert to symbol”. Bila cara anda berhasil maka akan muncul pilahan seperti gambar berikut.
    Beri nama misalnya “btCoba” (nama defaulnya Symbol 1) dan type yang digunakan adalah Button, selanjutnya klik OK.
  3. Bila berhasil akan muncul button baru yang ada dalam library seperti gambar dibawah ini
  4. Bila ingin mengunakannya lagi kita tinggal click and drug dari library ke state.
  5. Jika kurang puas dan ingin memperbaiki tampilannya, kita double klik button tersebut di library maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini
  6. Selanjutnya ada tinggal mengubah isi frame Up, Over, Down dan Hit sesuai dengan keingginan anda. Aturan atau fungsi masing frame telah dijelaskan dalam uraian.

LANGKAH-LANGKAH MENGUNAKAN COMMON LIBRARIES

  1. Cara lain mengunakan button dengan memanfaatkan library button di doccer Button di Common Libraries dengan mengklik pulldown menu seperti gambar dibawah ini.
  2. Kemudian pilih tombol sesuai selera anda, di contoh saya memilih tombol di direktori classic buttons/playback dengan nama get left untuk tombol muncur dan get right untuk tombol maju. Clik and drag tombol ke dalam stage.
  3. Ubah ukuran dan posisi tombol, sesuaikan dengan seluruh tampilan state, lihat contoh dibawah ini
  4. Ubah nama layer dengan cara double klick pada nama layer. Langkah ini akan memudahkan mengatur berbagai hal nantinya.
  5. Panjangkan frame menjadi 5 frame dengan menekan tombol F5 hingga tampilan Timeline seperti gambar dibawah ini.
  6. Tambahkan layer (beri nama isi) kemudian masukkan teks pada layer baru sesuai keinginan anda, kemudian pisahkan menjadi key frame tersendiri, dengan menekakan tombol F6 pada tiap tiap frame pada layer isi. Ubah teks tiap frame untuk membedakan tiap halamannya.
  7. Langkah selajutnya adalah memasang perintah atau mengidentifikasikan perintah untuk tiap tombol. Sebelum memasang Action Scriptnya semua tombol/movie cllip harus dipasang intance name. Caranya klik tombol yang akan dipasang intance name kemudian ketik intance name pada dokker Properties seperti gambar dibawah ini. Pada contoh saya pasang “tbmundur” untuk tombol get Left sebagai tombol ke halaman sebelumnya dan “tbmaju” pada tombol get Right sebagai tombol ke halaman selanjutnya.
  8. Untuk memudahkan mengorganisasi action scripnya, buat layer baru dengan nama AS3 dan setiap frame adalah key frame seperti gambar dibawah ini.
  9. Pasang action script pada frame 1 di layer AS dengan cara klik frame tersebut dan tekan F9. Kemudian pasangkan action script seperti gambar dibawah ini

LANGKAH-LANGKAH MENGUNAKAN COMPONENTS

  1. Anda juga bisa mengunakan tombol yang ada dalam doccer Components, untuk mengeluarkan klik windows dalam Pulldown seperti gambar berikut
  2. Selanjutnya akan muncul seperti gambar berikut.
  3. Cara pengunaan dan pemasangan scriptnya sama dengan cara di bagian Langkah-Langkah Mengunakan Common Libraries.
  4. Simpan data anda. Untuk mencoba dalam simulator tekan tombol ctrl – enter untuk melihat hasilnya dalam simulator. Untuk mencoba hasil akhirnya dalam device android lakukan publish menjadi apk dengan cara seperti pada post sebelumnya.
LATIHAN
  • Buatlah aplikasi android yang menampilkan teks dalam 8 frame/halaman yang dikendalikan dengan tombol maju dan mundur.
  • Publish menjadi file apk kemudian install di handphone anda.
  • Postingan yang berhubungan


    Keyword Web:
    android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

    Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

    • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
    • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
    • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

    6 Komentar :

    charisa dewatari mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
    charisa dewatari mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
    Foniran Ashter mengatakan...

    cara merubah warna button saat diklick menggunakan as3 (seperti game duel otak )
    gimana gan caranya?
    terimah kasih sebelumnya

    Tonimation mengatakan...

    Jangan pakai button tapi pake mc, trus mc ada 2 frame dengan 2 tampilan. trus pada perintah klik tambahkan untuk goto frame 2

    As Shop mengatakan...

    Terimakasih, tutorialnya bermanfaat banget …

    Kamu butuh tutorial yang menggunakan bahasa Indonesia? Pusing cari dimana? Kunjungi Kumpulan Tutorial Gratis Tutorial berbahasa Indonesia, yang bisa membantu kamu melakukan aktivitas sehari-hari

    reghy_vataliti mengatakan...

    gan ane udah jadiin project adobe flash ane ke apk, dan sudah ane instal juga di android dan berhasil terinstal , tapi aplikasi gak bisa di gunakan atau forceclosed terus, solusinya gimana ya gan.

    Posting Komentar