Jumat, 06 Maret 2009

Internet Murah

dicopy dari blog saya

Apakah anda termasuk penganut internet gila-gilaan? Online internet nyaris 24 jam, browsing semalam suntuk, donwnload ratusan mega semalam? Kalau anda penganut hal semacam itu anda tidak perlu membaca tulisan ini, karena tidak cocok. Anda lebih cocok berlangganan broadband unlimited.
Saya bukan penganut hal semacam itu, saya browsing internet di rumah secukupnya, sering online YM dimana saja dan download seperlunya. Kalo anda penghanut hal seperti saya, sebaiknya anda melanjutkan membaca tulisan ini.
Saya bukan orang indosat, saya hanya seorang pegawai negeri biasa, jadi bila tulisan saya berkesan promo itu memang hal yang sebenarnya.

Koneksi Internet saya dulu.
Di rumah, saya tidak punya telepon kabel jadi saya ndak pernah berpikir untuk berlangganan speedy. Karena hal itu saya selalu mencari cara agar bisa main internet. Kebetulan saya pakai Mentari dari sejak Mentari ada. Dan kebetulan lagi mentari mengunakan tarif data yang murah yaitu Rp. 1/ Kb (sebagai perbandingan Telkomsel Rp 5/Kb). Untuk melakukan OL YM tentu saja murah sekali. Saya pernah chating dengan teman di perjalanan dari Bogor ke Semarang (tapi chatingnya Cuma sampai Cirebon karena batterenya drop) Cuma habis Rp. 300,- Bayangin chating sampai jari pegel Cuma habis 300 perak! ASIIIIIIIIKAN?
Cuma kalo dipake browsing, dengan harga segitu masih mahal, dalam 1 menit kira-kira kita melakukan transfer data 500 kb. Jadi kalo ditransfer pake rupiah jadi rp 500/ menit. 1 jam? Pulsa terpotong 30 ribu ! Buset,…… mahal sekali. Tapi waktu itu saya sudah mendapatkan solusi, yaitu saya brosing tidak mengunakan computer, tapi saya mengunakan opera mini. Jadi saya brosing internet pake HP. Tapi mata serasa coplok waktu melihat tulisan kecil itu. Tapi lumayanlah lebih murah, kan datanya dikompres sama opera mini sebelum di ambil. Kok bisa begitu? Untuk jelasnya coba baca link ini.
Browsing pakai opera mini di HP memang lebih murah, tapi bikin mata serasa copot! Untung tak berapa lama Indosat berinovasi mengunakan tarif intenet baru yang bernama time base. Jadi dalam 1 menit hanya dikenakan biaya Rp 100,- satu jamnya Rp. 6000,- Tentusaja saya gembira mendapat berita ini. Lumayan lah dari pada musti ke warnet. Kalo hanya mau buka dan balas email bisa dirumah, dari pada harus ke warnet. Meski masih mahal dari tarif warnet tapi lumayan lah dari pada harus ke warnet.
Indosat
Volume base = Rp 1,-/Kb
Time base = Rp 100,-/menit
Axis
Volume base = Rp 0,7/Kb
Time base = tidak berlaku
Telkomsel
Volume base = Rp 5/Kb
Time base = tidak berlaku
XL
Volume base = Rp 10/Kb
Time base = tidak berlaku

Koneksi Internet saya sekarang.
Sebelumnya saya sempat mengunakan Axis untuk akses internet, maklum ada gratisannya. Tapi setelah promonya habis, .... ya mahal lagi deh. Memang saya sempat mengunakan beberapa minggu setelah promo, karena lebih murah dikit dari indosat (di axis Rp. 0,7/kb). Tapi ya tetep aja mahal.
Akhirnya yang ditunggu-tunggu muncul. Indosat mengeluarkan Voucer Internet atau Voucer GPRS dengan tariff murah banget. Voucer 5 rb bisa internetan 250 menit! Lumayan murah nih jadi satu jamnya Cuma Rp. 1200. Lebih murah dari warnet.
Segera saya coba beli voucer internet dan segera saya coba. Awalnya koneksinya ndak bagus, maklum barang murah. saya mencoba dan mencoba terus di setiap saat. Ada yang bisa koneksi aja tapi data ndak jalan, ada yang data jalan tapi kadang putus, pokoknya hasilnya kumplit. Sampai akhirnya saya menemukan jam internetan yang ideal menurut saya.
HABIS SUBUH!
Pada jam itu benar2 dasyat. Kencang dan murah, coba lihat hasil tes speed dibawah ini.
Lumayan kencang kan? pada saat itu saya juga mencoba mendownload driver printer sebesar 30 Mb hanya ditempuh dalam waktu 20 menit itu berarti Cuma 400 perak! Coba bayangin kalo pake volume base bisa habis 30 rb. Kalo dihitung hitung cuma Rp. 0,013/kb. Dasyat kan? Tapi jangan lupa selalu ngecek sinyal hp yang kita terima, kalo sinyalnya sedikit (1 bar) kita masih bisa konek tapi ndak dapat data (wiii rugi! tandanya data masuk cuma 236 byte saat login).
Kenapa gag pake yang broadband?
Memang sih ada yang lain mis telkomnet punya telkomsel flash, Indosat M2 dan XL punya Tapi kan ndak bisa ngecer dan kalo yang ngecer tetep aja mahal! He… he… he…. Di sini saya hanya membayar yang saya pake. Kalo pas males internetan ya berarti saya ndak bayar apapun untuk internet. Kalo pake broadband kan tetep bayar. Itulah yang saya sukai. Pada saat ini dengan pemakaian normal saya menghabiskan dana untuk internet dibawah Rp 50 rb, bahkan sering jauh dibawahnya.

Tetep ada kelemahannya!
Dari cerita saya tadi kelemahanya adalah kita harus internetan habis subuh! Ndak masalah kan habis solat subuh ndak tidur tapi cari informasi di internet. Kalo jam lain pingin internet gimana? Saya untuk jam lain sering mengunakan volume base dan koneksinya mengunakan HP jadi ya tetep murah.
Jadi saya masih memerlukan dua macam base. Sayangnya untuk mentari setelah terisi voucer internet ndak boleh ganti mode ke volume base, kalo iti dilakukan sisa Voucer Intenet akan hangus (saya udah nyoba). Akhirnya saya mempunyai 2 sim, mentari (sim asli saya) untuk volume base dan IM3 untuk time base. Setelah mencoba IM3 dan mencermati websitenya indosat, ternyata IM3 tidak mengenal hangus (saya udah mencoba). Yah… ingin rasanya aku ganti ke IM3 tapi aku masih sayang banget sama nomer mentari lamaku, jadi ya terpaksa pake dua SIM. Saran saya buat anda, pake aja IM3 bisa 3 mode! Volume base, Time base dan time base dengan voucer internet.

Caranya? Gampang!
Pastikan hp anda sudah terinstak seting GPRS kalo belum ini seting manualnya,
APN : indosat gprs
User Name dan password : indosat
Coba dengan aplikasi web yang ada di hp, kalo udah bisa berarti siap ke tahap berikutnya.
Pada intinya hp yang terkoneksi di notebook difungsikan sebagai modem. Maka setelah dikoneksikan ke Notebook pake Bluetooth atau kabel USB pasang drivernya. Untuk penguna nokia langsung aja di install nokia PC suite. Tapi kalo mengkoneksi internet dengan nokia PC suite itu mengunakan mode volume base. Maka buat aja koneksi internetnya secera manual. Caranya
Start>Connect to>Show all connection
Lalu buat conneksi baru dengan cara klik
Create a new connection
Pilihanya Next>Connect to the Internet>Setup my conecctionj manually>Connect using dialup modem>pilih modem yang anda gunakan>bernama>inikan nomer yang dituju *99# dan yang terakhir isikan username dan password indosat@durasi.
Ada yang menyarankan mengunakan nomor *99***1# dan memasang Modem Advance property : at+cgdcont=1,”IP”,”indosatgprs”. Tapi saya ndak pake semua malah mantap, kalo pas mengunakan setin yang disarankan banyak orang malah kacau (ndak tahu pas kacau atau memang setingnya ndak cocok) Jangan lupa biar lebih OK aktifkan 3G nya.
3 mode indosat yang disediakan :
Volume base (Rp 1/kb)
User name : indosat
Password : indosat
Time base (Rp 100/menit)
User name : indosat@durasi
Password : indosat
Time base mengunakan voucer internet (Rp 5000/250menit)
User name : indosat@durasi
Password : indosat@durasi

Ini asli lho bukan promosi!
Selamat berinternet murah, sehabis subuh!
Jadi bikin rajin solat subuh nih he... he… he…

Selamat mencoba!
Ada kesulitan? Kirim comment!

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

1 Komentar :

Tukimo mengatakan...

harganya sekarang dah berubah ya om?

Posting Komentar