Jumat, 06 Maret 2009

Mobile Learning

dicopy dari blog saya

Sore itu setelah pulang kantor, aku melakukan aktifitas seperti biasanya. Ndak ada kejadian menarik yang bisa saya ceritakan disini. Malamnya pada saat kami sekeluarga (aku, istri dan anakku) menonton TV ada sesuati yang menganjal pikiranku. Bosen rasanya mendengan iklan di TV yang sering berisi REG spasi kirim ke kosong-kosong-isi-isi. Aku merasa penguna sekarang sering dibodohi dengan hal-hal semacam itu. Bahkan ada kecenderungan ke arah musyrik. Bahkan ada yang terang-terangan bikin judi model baru. Bahaya sekali siaran TV saat ini. Kenapa ndak ada perlawanan sama sekali tentang hal ini? Pikiranku menghantuiku saat itu. Memang perlu diakui bahwa teknologi adalah pisau bermata 2, ada sisi yang dapat membantu kita dan ada sisi yang dapat membahayakan kita dengan menyesatkannya.
Memang tidak semua layanan sms premium ini menyesatkan, ada juga yang bagus, misalkan menyediakan ring tone lucu, wallpaper, berita bahkan games. Memang dari segi manfaat kurang mengigit, tapi masih lumayan, kita dapat mengcustom hp sesuai dengan selera kita. Jadi ndak ada kesan membodohi penguna.
Saat sedang asik-asiknya nonton Abdel dan Temon (tayangan favorit anak saya) hp saya dapat SMS masuk. Saya segera mengambil membaca dan membalas SMS tersebut. Saat saya sedang membalas SMS tersebut anak saya nyeletuk.
"Bapak enak mainan games terus pake HP."
"Bapak ndak ndak ngegame nak, bapak sedang balas SMS."
"Ganti aku tho pak!"
Anak saya memang selalu begitu kalo lihat aku atau istriku sedang pegang HP. Karena ndak tahan dengan rengekanya aku serahkan saja Nokia 6120 ku setelah selesai menjawab SMS. Aku pasangkan aplikasi game balap motor kesukaannya. Memang ia belum paham terhadap permainan itu, tetapi hal itu cukup menghiburnya. Aku perhatikan saat dia memainkan game HP tersebut. Anak umur 4,5 th itu apa paham dengan game itu? Tetapi anaku ndak perduli, bahkan dia teriak waduh kalah atau asik menang. Padahal saya yakin dia ndak tahu konsep menang dan kalah dalam permainan tersebut.
Pada saat memperhatikan anak saya main game di HPku, pikiranku melayang, saat ini disekolahnya sedang diajarkan bilangan dan penjumlahan mengunakan alat batu jari. Jadi pelajarannya menjumlahkan bilangan yang tak lebih dari lima. Di sekolahnya memang baru diajarkan memanfaatkan jari untuk media batu menghitung. Anak saya sering menyuruhku "mbethei" (memberi soal) saat sebelum tidur. Langsung terbesit ide untuk membuat game tambah-tambahan bilangan dibawah 5. Mungkin itu akan lebih bermanfaat buat dia dari pada main game.
Malamnya setelah anakku tidur aku langsung ingin mewujudkan gagasanku tersebut. Langsung aku raih Notebook dan menjalankan macromedia flash kemudian setting stage dan publishnya dengan flash lite. Bikin game HP pake flash? Ya karena sekarang sebagian besar HP memiliki fasilitas Flash Lite Player. Kalo ndak ada kan bisa di instalkan flash lite player. Ya selain itu aku memang lebih memahami dan enjoi dengan Action Script Flash daripada pemrograman yang lain. Untuk jelasnya bisa tengok di molebpm.
Di heningnya malam aku mulai berkreasi. 1 menit, 2 menit, 1 jam, 2 jam waktu berlalu begitu cepat. Saat waktu menunjukkan 1.30 aplikasiku telah selesai. Segera aku cobakan di HP. Setelah di coba dan direfisi berkali-kali akhirnya tuntas sudah pekerjaanku. Aku sekaligus bikin 2 game yang sejenis. Yang satu untuk cadangan kalo dia sudah diajarkan menjumlahkan lebih dari 5. Tertarik ingin mencoba aplikasi games HP buatanku? Ya aku berikan GRATIS! Silahkan download di bawah. Setelah di download, copykan ke HP anda. Setelah selesai jalankan aplikasi tersebut. Bila anda mengunakan NOKIA tekan Menu kemudian pilih Media lalu Flash player. Pilih lokasi memori file yang anda copykan tadi, dan selamat mencoba.
Waktu sudah menunjukan 2.30 WIB, aku tengok istriku sudah terlelap tidur. Aku lihat sekali lagi program itu di HP. Aku cukup puas dengan hasil karyaku malam ini. Karena sudah capek akhirnya aku menyusul istriku tidur
SENSOR!
Meski kecil dan dalam lingkup kecil aku sudah mencoba melawan REG spasi SESAT.
Bagaimana dengan anda?

Keyword Posting
Adobe Flash, Action Script, Mobile learning, Konten Handphone, Applikasi hanphone, Media Pebelajaran


Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

0 Komentar :

Posting Komentar