Rabu, 27 Januari 2010

LoadMovie, AttachMovie, UnloadMovie di Flash

Anda pernah kesulitan dalam melakukan load object ke flash mengunakan AS? Kalo jawaban anda ya sebaiknya anda baca dengan cermat tulisan ini. Kenapa harus pake AS? Karena bila kita memasukkan object mengunakan AS akan memudahkan untuk mengaturnya.
Dalam posh kali ini saya akan menguraikan tentang bermacam-macam cara menlakukan loading baik gambar, suara atau animasi. Loading movie ada banyak cara karena dapat digunakan dalam berbagai keperluan. Sulitkah?? gag sulit, gampang kok ada file fla contohnya lagi. Dalam contohnya di gambarkan ada 6 tombol untuk mencoba, untuk mudah mempelajarinya semua AS ada di frame bukan di button.

Memasukkan file swf kecil ke stage utama.
Script untuk memasukkannya :
but1.onRollOver = function() {
_root.createEmptyMovieClip("gambar", 1);
gambar.loadMovie("baling.swf", 1);
gambar._x=175
gambar._y=60
};

Keterangan :
Gambar adalah nama instan object baru yang dibuat.
baling.swf adalah file swf yang akan dimasukkan (disini filenya dalam 1 direktori)
angka 1 adalah kedalamanya (depth besar akan menutup object dengan depth kecil)
gambar_x dan gambar_y adalah koordinat object baru yang ditanam dengan ancor kiri atas.

Script untuk menutupnya :
but1.onRollOut = function() {
gambar.unloadMovie();
};

Memasukkan file swf mengantikan ke stage utama.
Disini file swf baru akan mengantikan/menimpa kedudukan stage utama
Script untuk memasukkannya :
but2.onRollOver = function() {
loadMovie("help.swf", 0);
};

Keterangan :
help.swf adalah file yang akan mengantikan file utama
0 adalah depth utama
untuk mengembalikan ke tempat semula kita bisa melakukan cara yang sama dengan nama file yang utama di tombol file yang baru dimasukkan.

Memasukkan movieclip dari library.
Hal penting yang harus dilakukan adalah melakukan linkage (klik kanan mc di librari dan pilih linkage), ingat yang dimasukkan movie clip bukan graphic. Kalo ingin memasukkan graphic ya tetep buat movieclip tapi tidak bergerak.

Script untuk memasukkannya :
but3.onRollOver = function() {
attachMovie("gbular", "ular3", 1, {_x:275, _y:150});
};


Keterangan :
gbular adalah indentifikasi dari linkage
ular3 adalah nama baru
angka 1 adalah kedalamanya (depth besar akan menutup object dengan depth kecil)
gambar_x dan gambar_y adalah koordinat object baru yang ditanam dengan ancor sesuai ancor movieclip.

Script untuk menutupnya :
but3.onRollOut = function() {
ular3.unloadMovie();
};

Memasukkan file gambar.
Script untuk memasukkannya :
but4.onRollOver = function() {
_root.createEmptyMovieClip("gambar", 1);
gambar.loadMovie("singa.jpg", 1);
gambar._x=175
gambar._y=60
};

Keterangan :

Gambar adalah nama instan object baru yang dibuat.
singa.jpg adalah file gambar yang akan dimasukkan (disini filenya dalam 1 direktori)
angka 1 adalah kedalamanya (depth besar akan menutup object dengan depth kecil)
gambar_x dan gambar_y adalah koordinat object baru yang ditanam dengan ancor kiri atas.

Script untuk menutupnya :
but4.onRollOut = function() {
gambar.unloadMovie();
};

Memasukkan suara dari library .
Ini adalah salah satu cara memasukkan suara di library tanpa mamasukkanya di frame. Hal penting yang harus dilakukan adalah melakukan linkage (klik kanan mc di librari dan pilih linkage)
Script untuk memasukkannya :
but5.onRollOver = function() {
bunyi = new Sound();
bunyi.attachSound("Victory");
bunyi.start();
};
Keterangan :

Victory adalah indentifikasi dari linkage
Bunyi adalah nama object baru

Script untuk mematikannya :
but5.onRollOut = function() {
bunyi.stop();
};

Memasukkan suara dari file mp3 .
Script untuk memasukkannya :
but6.onRollOver = function() {
bunyi1 = new Sound();
bunyi1.loadSound("Rock.mp3");
bunyi1.start();
};
Keterangan :
Rock.mp3 adalah nama file mp3nya.

Bunyi1 adalah nama object baru

Script untuk mematikannya :
but6.onRollOut = function() {
bunyi1.stop();
};

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

8 Komentar :

Bung Iwan mengatakan...

gimana caranya meng-unload movie, tapi animasinya tetep kliatan? misalnya, waktu klik tombol A , obyek movie A bergerak ke kanan, waktu klik tombol B, obyek movie A bergerak ke kiri dulu, baru movie B muncul.

Tonimation mengatakan...

Pake variable aja, misalkan tombol b kalo di klik variable tomb=true, trus pake if bila movie A bergerak ke kiri dan tomb=true makan muncul movie B

kanashidi mengatakan...

mas,aku mau tanya?
kalo mau menambah instance name tp pake script bisa gak ya?
aku lg coba2 buat game tembak2an, tp pelurunya bisa keluar, tp ketika kena lawan tidak terjadi apa2..
sementara ini scriptnya sebagai berikut :
if(mouseIsDown) {
var s1 = new Senjata();
s1.x = player.x;
s1.y = player.y;
addChild(s1);
}
kira2 solusinya gmn ya mas?
terimakasih sebelumnya

Tonimation mengatakan...

Pake duplikatmovie aja, kita bisa menambah movie baru sekaligus instan namenya secara script, ada kok diblog ini.

Template Booklet Company Profile mengatakan...

makasih yaaa, saya terbantu sekali :)

Putera Ende mengatakan...

mas apakah bisa dibantu ne. minta idenya. bagaimana cara membuat LKS (lembar kerja siswa)interaktif dengan flash yg mana di LKS itu siswa bisa mengisi sendiri bilangan. contoh saya akan menunjukan cara menemukan rumus KUBUS dalam matematika kemudin di akhir siswa bisa mengisi rumus dari penemuan tersebut. seperti 6xsxs. makasih mhn jawbanx.

Unknown mengatakan...

bagaiman cara fungsi setipa action untuk variabel apa gan

Unknown mengatakan...

bos numpang tanya.....saya kan membuat 2 layer..1 button dan 2 berbentuk gambar format moviclipt, dan gambar saya clik 2x ada frame baru disitu saya buat layer baru sebuah motion tween.......lalu gimana caranya agar button tadi bisa menjalankan motion tween....
trims....mohon bantuan bos

Posting Komentar