Sabtu, 06 Februari 2010

Belajar mengunakan component alert dengan actionscript Flash

Alert adalah components flash yang menampilkan respont dari suatu kondisi secara pop up. Jadi dalam kondisi tertentu yang telah dikondisikan dalam action script misalnya salah, benar, lebih besar dari, kurang dari dan lain-lain. Pesan yang muncul secara pop up tersebut dapat kita atur dengan cara memasangkan teks keterangan, tombol misalnya ya dan tidak. Jadi setelah keluar respon dari alert kita dapat memberikan respon ke dalam program. Contoh alert ini bisa digunakan untuk respon benar salah dalam menjawab soal, respon bila sebuah variabel melebihi atau kurang dari nilai yang sudah di tentukan. Selain itu masih banyak lagi fungsi-fungsi yang lain

Cara membuat :

  1. Tampilkan library dan componen dengan cara memberi tanda centang di depan namanya di menu pulldown windows.
  2. Masukkan alert dari docker components ke dalam library (clik and drug saja).
  3. Isi dengan frame pertama dengan script berikut :
import mx.controls.Alert;
_global.styles.Alert.setStyle("color", 0x000099);
Alert.buttonWidth = 100;
Alert.cancelLabel = "Gagal Maning";
Alert.okLabel = "Berhasil";
var myClickHandler:Function = function (evt_obj:Object) {
switch (evt_obj.detail) {
case Alert.OK :
trace("You clicked: "+Alert.okLabel);
break;
case Alert.CANCEL :
trace("You clicked: "+Alert.cancelLabel);
break;
}
}
Alert.show("Nyoba alert aja kok bingung ................!!!!!!\nCoba terusssssss\nJangan menyerah", "Latihan terus donK", Alert.OK | Alert.CANCEL, this, myClickHandler);

Kalau membandingkan script dengan hasil yang ditampilkan maka jelas sudah apa arti script yang memunculkan teks. Namun mau diapakan setelah kita memberi respon dengan mengklik salah satu tombol dapat dituliskan mengantikan perintah trace("You clicked: "+Alert.okLabel); untuk tombol berhasil dan perintah trace("You clicked: "+Alert.cancelLabel);

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

10 Komentar :

Anonim mengatakan...

Tengku pak, segera dicoba!

Bruce mengatakan...

nice post

Unknown mengatakan...

makasih banget

Anonim mengatakan...

thanks infonya...
saya mau nanya nih.. kalau di taruh di Button bisa gak??
Misalnya saya bikin tombol [A], ketika tombol [A] di klik Maka akan Keluar seperti tutorial Di atas...
please Help..

Tonimation mengatakan...

Bisa aja, tekan tombol kemudian muncul alert. Tetapi untuk kasus anda lebih enak dengan lompat frame.

Hari Kurniawan mengatakan...

assml'alaikum..
mau naya ni, gimna caranya ketika hasil penjumlahan/pengurangan didapat, nanti keluar gambar/movieclip sesuai dengan jumlah angka yg keluar?

terima kasih

Tonimation mengatakan...

bisa, buat animasi atau gambar sebanyak kemungkinan jawaban, selanjutnya hasil jawaban tidak ditampilkan tetapi digunakan untuk memanggil animasi yang sesuai. Gunakan load movie (artikel ada di blog ini)

Hari Kurniawan mengatakan...

trima ksi infony

Hari Kurniawan mengatakan...

o ya, kalau kita udah menemukn jawaban yg benar, tapi gambar/animasinya kita cari sendiri sesuai angka yg keluar....
contohnya pada sempoa... ketika kita mndapatkn hasil 2, jadi kita hrus membuat nilai 2 pada sempoa...
mohon bantuannya

English Point mengatakan...

Terima kasih atas postingannya. Sangat membantu saya dalam membuat .fla. Very good posting, and I appreciate it a lot.

Posting Komentar