Senin, 08 Maret 2010

Pemanfaatan Konten HP di m-edukasi.net


Bagaimana sebenarnya awal mula m-edukasi.net? Sering kita melihat atau bahkan juga melakukan sebuah cara untuk membuang waktu kosong dengan bermain game di HP. Atau mungkin sekedar update status di FaceBook. Dengan semakin berkembangnya teknologi terutama teknologi Handphone, maka semakin banyak pula fasilitas-fasilitas hiburan dan informasi yang kita peroleh.

Kita ketahui bersama bahwa saluran-saluran hiburan dan informasi yang dapat di access melalui perangkat mobile itu semakin banyak. Dari situlah maka tercetuslah ide kenapa tidak dimanfaatkan untuk sarana pendidikan? Bisakah seorang siswa yang membunuh waktu dengan melakukan tidakan yang lebih bermanfaat untuk pendidikan mereka? Kenapa mereka bisa main game di Handphone tetapi tidak belajar mengunakan handphone? Mengapa mereka bisa update status di Facebook tetapi tidak mencoba conten pendidikan. Jawabanya pasti "mana contennya?"
Dari permasalahan yang ada itulah kami di Balai Pengembangan Multimedia Semarang mencoba mencari hiburan/informasi yang lebih bermanfaat dan menunjang pendidikan mereka. Deri berbagai diskusi yang kami lakukan maka munculah mobile learning yang kami namakan m-edukasi.net yang memiliki semboyang "belajar singkat tanpa sekat". Kenapa belajar singkat? Karena tujuan kami hanyalah untuk mengisi waktu luang user agar lebih menunjang pendidikan mereka. Dan alasan bandwidth dan mahalnya pulsa data yang mengharuskan data yang disampaikan berukuran kecil. Kenapa tanpa sekat? Kita tahu bahwa conten ini di aplikasikan dalam perangkan mobile yang sangat populer yaitu Handphone. Jadi untuk menunjang itu semua, konten yang disediakan harus berukuran kecil, dengan materi singkat tetapi tetap bermanfaat bagi pendidikan.
Dengan mengunakan kriteria di atas BPM telah berhasil membuat prototype sebanyak 10 konten yang dapat di download secara gratis disini. 10 konten itu terdiri dari 4 konten biologi, 3 konten Fisika dan 4 konten Matematika. Harapan kami setiap tahun akan terjadi peningkatan jumlah konten agar konten yang ada semakin banyak. Untuk tahun 2010 ini BPM akan membuat lagi 30 konten.
Bagaimana cara memanfaatkannya?
Kita tinggal download kemudian kita extract lalu dipasangkan ke Handphone yang support, langsung aplikasi dapat digunakan. Atau langsung dapat di download dari HP di portal wapnya. Konten yang disediakan disini adalah berformat flash lite. Kenapa bukan jar? Salah satu keunggulan flash adalah data yang didistribusikan adalah sebuah data bukan program, jadi kita tidak perlu menginstall tetapi langsung dijalankan. Selain itu dengan bentuknya yang berupa data itulah akan lebih mudah didistribusikan.

Cara Pendistribusian

  1. Handphone langsung mengambil konten dari internet (wap.m-edukasi.net) dan dapat didistribusikan mengunakan infrared atau bluethoot.
  2. Komputer mendownload dari www.m-edukasi.net lalu dikopikan ke beberapa hp kemudian dapat didistribusikan mengunakan infrared atau bluethoot.
  3. Komputer yang telah memiliki konten m-edukasi dapat mengkopikannya ke dalam flashdisk, diskette atau CD kemudian dapat didistribusikan ke sesama komputer hingga komputer dapat melakukan distribusi selanjutnya mengunakan cara 2.


Handphone apa yang support?
Saat ini banyak sekali handphone yang sudah support dengan flash lite. Dan saya yakin bahwa flash lite ini akan menjadi fasilitas standart untuk HP. Hal ini bisa saya sampaikan karena HP yang support flash lite ini bukanlah HP dengan spesifikasi yang tinggi, sebagai Contoh tanpa bermaksud promosi, Nokia 2730 yang berharga sekitar 1 jt sudah support flash lite. Saya yakin sekali bahwa lama-kelamaan HP yang support flash lite akan semakin banyak dan semakin murah.
Apa benar bermanfaat untuk pendidikan?Seperti halnya perangkat lain yang berhubungan dengan teknologi, konten ini tidak akan terlihat manfaatnya dalam waktu yang pendek. Apalagi konten yang di sediakan masih sedikit. Seperti halnya Handphone itu sendiri, dulu waktu kita tidak memilikinya, mungkin kita tidak membutuhkannya, tetapi sekarang? Apa yang anda lakukan kalau HP anda tertinggal dirumah? Harapan kami, suatu saat nanti ada kisah anak yang ke sekolah naik kendaraan umum, karena nanti ada ulangan maka dia download dalulu beberapa materi di m-edukasi untuk mempelajari atau sekedar mengingat kembali apa yang telah dipelajari sebelumnya.
Mobile learning adalah sebagian dari gaya hidup jadi kita tidak bisa menghakimi sekarang bahwa mobile learning tidak bermanfaat bagi pendidikan di Indonesia. Mobile Learning ini akan kelihatan manfaatnya setelah kita mengunakannya. Maju terus "m-edukasi.net" agar kita bisa "belajar cepat tanpa sekat".

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

3 Komentar :

Anonim mengatakan...

dalam pembuatan mobile learning ini, menggunakan database apa y mas ? apakah mysql? dan menggunakan php ?

Tonimation mengatakan...

tebakan yang tepat...

morantika lubis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar