Bila anda biasa memasukkan suara di flash dengan cara embed di frame, maka sebaiknya anda membaca terus postingan ini. Telah kita rasakan bahwasanya memasukkan suara dengan cara tersebut memiliki banyak kelemahan dan keterbatasannya. Bagaimana bila kita akan melakukan interaksi dengan suara tersebut? Misalnya play, stop, pouse, membesarkan volume dan lain-lain.
Semua keterbatasan tersebut dapat diatasi bila kita memasukkan suara mengunakan Action script. Cara memasukkannya atau melakukan loading anda dapat membaca postingan saya sebelumnya. Untuk postingan ini saya hanya akan sharing cara mengatur secara sederhana.
Coba perhatikan animasi swf berikut ini :
Untuk membuat animasi di atas langkah-langkahnya :
- buat 3 button untuk play, stop dan pause
- posisi button play dan pause sama dengan kondisi button play berada diatas
- Beri nama instan "continue_btn" (tanpa petik) untuk play.
- Beri nama instan "pause_btn" (tanpa petik) untuk play.
- Beri nama instan "stop_btn" (tanpa petik) untuk play.
- Buat dynamic Text dengan variable "myseek" (tanpa petik).
- Masukkan mc fader-round yang ada di windows>commond library>button>classic button>knop & feader dan beri nama instant "volumenya" (tanpa petik).
- Import musik/lagu yang anda inginkan, kemudian di library lagu tersebut di klik kanan lalu pilih linkage kemudian centang export for Action Script dan isikan identifier dengan "lagunya" (tanpa petik).
- Pasang AS dibawah ini pada frame.posisi = 0;
continue_btn._visible = true;
pause_btn._visible = false;
mySound = new Sound();
mySound.attachSound("lagunya");
pause_btn.onRelease = function() {
posisi = Math.floor(mySound.position/1000);
mySound.stop();
continue_btn._visible = true;
pause_btn._visible = false;
};
continue_btn.onRelease = function() {
mySound.start(posisi);
continue_btn._visible = false;
pause_btn._visible = true;
};
stop_btn.onRelease = function() {
posisi = 0;
mySound.stop();
continue_btn._visible = true;
pause_btn._visible = false;
};
volumenya.knob.onMouseMove = function() {
mySound.setVolume(volumenya.knob._y);
};
detik = 0;
onEnterFrame = function () {
posisinya = Math.floor(mySound.position/1000);
menit = Math.floor(posisinya/60);
detik = posisinya-(menit*60);
if (menit<10) {
menitnya = "0"+menit;
} else {
menitnya = menit;
}
if (detik<10) {
detiknya = "0"+detik;
} else {
detiknya = detik;
}
myseek = menitnya+":"+detiknya;
};
Keyword Post :
Adobe Flash, Contoh aplikasi kontrol suara sederhana, simple soundcontrol, mp3 player sederhana
Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8
Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?
- Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
- Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
- Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.
19 Komentar :
malam, mau nanya gmn carnya mengontrol suara dengan inputan frekuensi bunyi yang sebenarnya dalan satuan HZ, misal dalam animasi efek doppler, ad inputan frekuensi yg dikeluarkan, gmn y crnya agr besar bunyinya sesuai dgn Frekuensi yg di input...satuan HZ...mohon pencerahan.Tks
menurut sepengetahuan saya flash tidak mampu melakukan hal tersebut
gmn cara na bila ketika qt pindah ke frame slnjt na musik dr frame sblm na otomatis mati di frame slnjt na,,,dan musik di frame slnjt na bs aktif
tq
Pada frame pertama dipasang AS
mySound = new Sound();
mySound.attachSound("lagunya");
mySound.start();
agar frame selanjutnya mati tinggal pasang AS
mySound.stop();
bila frme berikutnya hidup lagi tinggal pasang AS
mySound.start();
makasih mas tutorial nya sangat membantu
Sama-sama semoga bisa saling membantu.
mas, makasih bt tutorialnya..saya dah coba dan berhasil hanya pada bagian volumenya kok tidak bisa berfungsi ya..terima kasih
biasanya masalah slider yang tidak terbaca, coba di trace untuk mencari kesalahannya
kalau pengaturan volumenya di frame 2 bisa ga min??klo bisa tolongin saya min cara buatnya agar berjalan.terima kasih
makasi mas, tutorialnya membantu bgt.
lagi bantuin adek yang lagi nyusun skripsi buat aplikasi game.
makasi mas. tutorialnya mudah, jelas dan sangat membantu.
thank, sngat membantu... di bungkus ya gan....
oke... senang bisa membantu...
trmksh banyak "pak Tonimation" btw buat widget yang LINK Menarik nya tuh gimana? ajarin dunk :D
insya Allah sy buatkan tutorialnya jika menurut anda menarik. sabar ya...
bagaimna caranya agar ketika pindah frame/scene musiknya mati kemdian musik baru jalan , tlong diemail ea pak (lastholil@gmail.com)
bagaimna caranya agar ketika pindah frame/scene musiknya mati kemdian musik baru jalan ?
terimakasih
Perintah pindah frame ditambah perintah mematikan suara kemudian di frame baru load suara baru
Mas kenapa masi error ya penulisannya udah bener semua
Posting Komentar