Goto adalah perintah yang banyak terdapat pada berbagai bahasa pemrograman. Tak terkecuali pada Action Script Flash. Bahkan pada AS Flash goto ada berbagai macam. Pada pokoknya ada 2 macam goto yang dibedakan karena proses melompatnya yaitu :
gotoAndPlay perintah ini digunakan untuk melompat ke suatu tempat dan langsung berjalan ke frame berikutnya atau animasi tetap berjalan tanpa berhenti.
gotoAndStop perintah ini digunakan untuk melompat ke suatu tempat dan berhenti, jadi setelah melompat ke tempat tertentu animasi akan berhenti.
Selain ke 2 perbedaan di atas, goto juga dibedakan tujuannya/typenya.
Frame Number pada type ini perintah goto diikuti dengan angka numerik yang menunjukkan ke frame berapa animasi harus melompat.
Frame Label pada type ini perintah goto diikuti dengan nama/label frame yang berarti animasi akan melompat ke nama/label frame yang sesuai.
nextFrame () pada type ini perintah goto yang berarti melompat dan berhenti ke frame berikutnya.
preFrame () pada type ini perintah goto yang berarti melompat dan berhenti ke frame sebelumnya.
Contoh Penerapan
Untuk lebih jelasnya mari kita membuat contoh aplikasinya. Perhatikan gambar dibawah ini.
Pada gambar di atas diperlihatkan sebuah tampilan menu utama. Perhatikan pada timelinenya, disana terlihat ada 1 layer untuk Action Script, 3 layer untuk tombol navigasi dimana masing masing tombol memiliki saat tampil yang berbeda-beda, tombol isi yang masing-masing keyframe hanya ada 1 frame dan layer background yang sama pada setiap frame.
Pada intinya ada 3 kelompok frame yaitu 1 kelompok yang terdiri dari 1 frame tampilan menu utama dan 2 kelompok frame materi yang berlabel hohm dan hkir. Pada frame 1 atau menu utama hanya ada Action Script
Selain itu tampilan utama ada dua tombol yang digunakan untuk memilih menu. 1 tombol digunakan untuk lompat ke materi "hukum Ohm" dengan Action Script
gotoAndStop("hohm");
}
Tombol yang kedua digunakan untuk lompat ke materi "Hukum Kirchhoff" dengan action Sciprt
gotoAndStop("hkir");
}
dari kedua actionscript diatas dapat diartikan untuk melompat dan berhenti di frame yang berlabel "hohm" dan "hkir".
Pada gambar di atas memperlihatkan tampilan materi yang berisi 3 tombol navigasi dimana masing masing tombol memiliki masa tampil yang berbeda-beda. Untuk tombol home berisi Acrionscript
gotoAndStop(1);
}
Untuk tombol back berisi Acrionscript
prevFrame();
}
Untuk tombol next berisi Acrionscript
nextFrame();
}
Untuk lebih jelasnya silahkan dicoba hasil kerja dibawah ini :
Mungkin ada akan menanyakan bagaimana bila dalam materi ada unsur animasi? Dalam pemanfaatan ini timeline pada root digunakan untuk mengelola kelompok-kelompok tampilan. Bila menginginkan animasi, simulasi masuk ke dalam materi, kita dapat membuatnya di dalam movie clip, jadi semua media baik animasi maupun simulasi dikemas dahulu menjadi movie clip. Untuk membuat Quisnya anda juga harus membuatnya dalam movie clip dan cara membuat quisnya ada dapat mempelajari di postingan ini. Sedangkan simulasinya anda juga dapat mempelajari di postingan lainnya.
Bagaimana dengan FlashLite? ... sama! Semua action script dapat berjalan di flash lite.
Keyword Post :
Adobe Flash, Contoh pemanfaatan action script, belajar actionscript, perintah gotoAndStop, gotoAndPlay, membuat media pembelajaran
Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8
Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?
- Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
- Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
- Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.
12 Komentar :
Brother, setelah maen game biasanya ada highscorer yang tersimpan secara permanen sampai ada yang melampaui di lain waktu. Nah untuk quiz maunya digituin juga, berdasarkan score dan besttimenya. Mohon petunjuk brother.
kalo hanya untuk lokal nanti akan muncul tutorial share object yang dapat menerapkan hal ini, tunggu aja gan.
Boz, script untuk simulasi hukum Kirchoff hasilnya kok ga bener? seharusnya I3 = I1 + I2 berupa penjumlahan angka. Masa 3 + 7 hasilnya kok 37, gimana tuh...?? :(
Biasanya itu karena seting "auto kern" pada input text. ubah setingnya.
min..numpang nanya dong
gimana scriptnya tombol back dari halaman yg beda filenya biar ke halaman utama. misal aku buat halaman 'utama' dan halaman a,b,c dsb terus dari halaman ' a ' itu tombol backnya balik ke halaman 'utama' ke frame 4 misalnya. mohon bantuannya
Sebelum go to tambahkan _root jadi:
_root.gotoAndStop(1);
Untuk jelasnya cari post sy yg lain, saya pernah nulis tentang hal ini.
bingung yg mana postnya min, kasih linknya dong.
*maaf tadi salah ketik makanya dihapus komennya :)
gan, mau tanya dong. kalo script buat download file gimana ya??
misalnya gini. sy punya folder namanya flash terus didalam folder flash ada folder namanya download. misalnya di dalam file download ada file namanya latihan.doc. kalo file swfnya sy tero di folder flash misalnya namanya main.swf, nah kalo sy buat tombol di file main.swf yang fungsinya untuk download file latihan yang ada di folder download actionscriptnya gimana ya gan??
thank's sebelumnya
Leh uga
Adakah script untuk kembali ke frame asalnya gan?
Makasih gan!
Posting Komentar