Selasa, 14 Juni 2011

Membuat aplikasi HP dgn Flash Lite #5

Anda mungkin sudah membaca postingan sebelumnya, yaitu membuat perintah ke dalam movie clip atau keluar muvie clip. Tetapi pada portingan tersebut dibahas dalam pemanfaatannya di flash bagaimana dengan flash lite?
Konsep pemanfaatannya dalam masalah ini tidak memiliki perbedaan. Memang di segala pemanfaatan script, flash dan flash lite tidak ada perbedaan konsep, yang membedakan keduanya adalah kelengkapan action scriptnya, karena tidak semua AS di flash dapat digunakan di Flash lite. Ada yang diganti dengan perintah lain, ada yang sama sekali tidak bisa digunakan.
Untuk mempelajari postingan ini anda harus bisa mengunakan flash dengan drawing flashnya, bila tidak silahkan baca postingan saya ini. Selain itu anda harus memahami action script dasar untuk flash lite, bila tidak silahkan pelajari postingan ini.
Untuk memudahkan coba perhatikan ilustrasi dibawah ini :
Dalam ilustrasi diatas, root (stage utama) terdapat movie clip 1(mc1) dan mc2. Bila kita masuk ke dalam mc1 akan terdapat mca. Pada root, movie clip 1, movie clip 2 dan movie clip a masing - masing memiliki time line yang tidak saling berhubungan, demikian pula dengan segala yang berhubungan dengan action script. Misalnya kita memasang AS di time line root hanya bisa merubah properties mc 1 dan mc 2. Demikian pula dengan AS yang ada dalam time line mc1 hanya dapat mengubah properties pada mc a tanpa dapat merubah mc 2 yang ada di root.
Perintah untuk mca yang ada di dalam mc1 bisa dilakuakan dengan script berikut

tellTarget ("mc1") {
mca.stop;
}

Perintah untuk mc2 tetapi script ada di dalam mca bisa dilakuakan dengan script berikut
tellTarget ("/") {
mc2.stop;
}

Hal ini juga berlaku untuk variable, gunakan nama mc untuk mengunakan variable yang ada di dalam mc dan mengunakan "tellTarget ("/") untuk mengunakan variabel 1 tingkat diatasnya atau mengunakan tellTarget ("mc1") untuk masuk ke dalam movie clip mc1
Untuk lebih jelasnya silahkan mencoba membuat animasi dengan mengikuti langkah berikut.
  1. Buat gambar bola dengan ukuran 20x20 seperti pada animasi dibawah, kemudian ubah menjadi mc dengan klik kanan confert to symbol. Jangan lupa memberi nama instan (mis bola)
  2. buat gambar kotak (ukuran dalam 120x120) yang mengelilingi bola seperti pada animasi dibawah. Kemudian kedua object (bola dan Kotak) di ubah menjadi mc dengan cara sama seperti langkah sebelumnya. Jangan lupa diberi instan name (mis kotak).
  3. Gambar yang dibuat memiliki struktur bola menjadi seperti mca dan kotak seperti mc1.
  4. Buat tombol "key catcher" untuk memasang scipt.
  5. Pada tombol "key catcher" dipasang scipt sebagai berikut
    naik.onRelease = function() {
    kotak.bola._y -= 10;
    };
    turun.onRelease = function() {
    kotak.bola._y += 10;
    };
    kiri.onRelease = function() {
    kotak.bola._x -= 10;
    };
    kanan.onRelease = function() {
    kotak.bola._x += 10;
    };
  6. Masuk ke dalam time line "kotak" dengan mendouble klik kotak dan selanjutnya clik mc bola, panjangkan frame menjadi 2 dengan maksud akan memasang AS pada mc ini dengan script dibawah ini dibaca berulang-ulang.
    if (_x>50) {
    _x = 50;
    tellTarget ("/") {
    _x += 10;
    }
    }
    if (_y>50) {
    _y = 50;
    tellTarget ("/") {
    _y += 10;
    }
    }
    if (_x<-50) {
    _x = -50;
    tellTarget ("/") {
    _x -= 10;
    }
    }
    if (_y<-50) {
    _y = -50;
    tellTarget ("/") {
    _y -= 10;
    }
    }

    Simpan percobaan anda dan tekan ctrl-enter untuk mencobanya.
Hal diatas hanyalah sebagai contoh, dan dalam penerapanya dapat digunakan untuk perintah yang lain dan pemanfaatan yang lain

Keyword Post :
Adobe Flash lite, Contoh pemanfaatan flash lite, belajar membuat aplikasi handphone, perintah ke dalam movie clip, telltarget, membuat perintah di movie clip untuk root

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

4 Komentar :

Anonim mengatakan...

Halo mas Toni..
trims...dah ketemu persamaan sintax untuk _root di flash lite,,,,sangat membantu....

zamorano...

Anonim mengatakan...

Lebih banyak lagi Gan action script_nya ,,
kalo bisa sambil dijelasin script_script_nya.....

Meizy History mengatakan...

dalam pengaplikasian membuat m-learning pada bagina mana ya pak??

Unknown mengatakan...

Jual mainan handphone anak adalah perusahaan mebel bayi yang baru lahir yang pasti cepat membuat istilah untuk dirinya sendiri memanfaatkan high-end mereka bayi boks sebuah potongan kecelakaan. Didirikan pada tahun 2004, Bayi Appleseed baru-baru ini diperluas dengan pabrik yang lebih besar untuk mencoba untuk mengurus permintaan untuk jual mainan bayi murah celengan robot anjing boks bayi sangat populer mereka. Bayi Appleseed boks memiliki konstruksi kayu solid dengan bagian luar bergerak untuk aman dan kokoh boks bayi. Bayi Appleseed boks juga JPMA (Juvenile Products Manufacturers Association) Bersertifikat sehingga orang tua mungkin aman bahwa mereka mendapatkan produk yang dirancang dengan keselamatan di jantung.

Toko bayi ada di berbagai daerah di dekat lokasi untuk membantu Anda orang tua dengan mudah menemukan beberapa produk untuk memutuskan dan tidak membuang-buang waktu juga. Produk yang ditawarkan di berbagai toko termasuk baby oil atau makanan bayi juga sebagai pakaian serta aksesoris lainnya untuk balita Anda. Juga orang tua harus menyadari membeli produk bayi yang diberi label sebagai organik. Alasannya karena kemampuan jual mainan bayi murah celengan pencuri koin produk organik untuk mengadakan anak yang aman lebih aman dan protektif terhadap penyakit dan penyakit; Tak ketinggalan alergi sebenarnya yang dapat terikat untuk terjadi jika anak muda. Toko bayi saat memberikan mainan menyenangkan bagi mencari tahu bagaimana untuk meningkatkan kekuatan mental mereka dengan tahap awal dalam hidup. Mainan interaktif membuat hobi sempurna pada saat yang sama sebagai jawaban untuk meningkatkan kemampuan dengan pikiran. Hal ini juga dianjurkan untuk setiap orangtua untuk mengadakan percobaan produk bayi yang berbeda untuk mengungkap rasa dan preferensi anak di awal. Hal ini dapat mencakup mencoba dan menguji makanan bayi rasa. Makan botol, popok juga sebagai lotion juga bisa dibeli di outlet toko bayi khusus untuk membantu membeli setiap salah satu produk bayi mungkin hanya pada satu stop. Ini telah demikian meringankan mencari bayi lebih banyak dan itu cocok untuk orang tua yang bekerja untuk bentangan panjang jam dalam sehari. Induk juga perlu mendapatkan informasi lebih lanjut tentang merek tertentu dan popularitas mereka di tengah-tengah orang tua lain untuk meskipun produk yang paling menguntungkan.

Ketika menghadiri anak mandi teman terbaik Anda masing-masing, Anda tidak ingin melakukan kecerobohan. Hal ini memalukan memang dan juga sensitif. Menjadi sekitar sisi yang lebih aman, Anda bisa mengunjungi toko Bayi dan mendapatkan sesuatu yang bermanfaat pada ibu baru atau bayi. Gifting besar t-shirt atau sepatu untuk bayi Anda tidak akan menjemputmu poin kue ekstra. Ingat toko Bayi ini tentu adalah lokasi satu atap untuk kebutuhan Anda tumbuh dari rakyat serta ibu.

Sterilisasi botol bersama dengan aksesoris botol keperawatan lainnya sangat penting dalam mencapai seratus persen sanitasi. Botol dapat disterilkan dengan menyikat botol bayi Anda dalam campuran sabun panas air serta mendidih puting dan botol dalam air mendidih selama lima menit atau melalui sterilisasi botol yang mungkin mensterilkan botol hanya dalam beberapa menit.

Akan online Anda akan menemukan daftar utama fashion grosir toko pakaian dan pemasok, menjual pakaian bayi murah yang cocok untuk bayi Anda. Membeli mereka dalam jumlah besar akan membantu Anda untuk menyimpan, dan Anda mungkin bisa pergi untuk penurunan harga. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetikkan "murah pakaian bayi", membandingkan harga dan membeli. Dengan cara ini Anda akan mengesampingkan jauh.

Posting Komentar