Jumat, 05 Agustus 2016

AS3 Multitouch untuk membuat games

Kok gag bisa multitouch? Gimana caranya bikin multitouch? Begitu kira kira pertanyaan sahabat dari facebook atau medsos yang lain. Pertama sih gag begitu ngeh maksudnya, hanya berguman masak sih gag bisa? Setelah di utak utik kesalahan utamanya adalah saat kita membuat object untuk disentuh (touch) kita masih mengunakan Mouse even. Kan tahu mana mungkin mouse bisa ngeklik pada beberapa object? Iya kan? Seharusnya kita tidak mengunakan Mouse even tetapi thouch even. Untuk jelasnya kita coba saja.
LANGKAH - LANGKAH

  1. Buat proyek baru dengan format AIR for Android atau AS3 sesuai kebutuhan anda.
  2. Buat 3 tombol baru dengan instan name "tb1", "tb2" dan "tb3"
  3. pasangkan AS Linkage pada sound tersebut dengan nama "suara1", "suara2" dan "suara3".
  4. Isikan AS3 di frame awal, seperti pada list dibawah ini
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    15
    16
    17
    18
    19
    20
    21
    22
    23
    24
    25
    26
    27
    28
    29
    30
    31
    32
    33
    34
    35
    36
    37
    38
    39
    40
    41
    42
    43
    44
    45
    46
    47
    import flash.media.SoundMixer;
    import flash.ui.Multitouch;
    import flash.ui.MultitouchInputMode;
    import flash.events.TouchEvent;

    Multitouch.inputMode=MultitouchInputMode.TOUCH_POINT;

    var au1:Sound = new suara1(),
    ch1:SoundChannel = new SoundChannel(),
    au2:Sound = new suara2(),
    ch2:SoundChannel = new SoundChannel(),
    au3:Sound = new suara3(),
    ch3:SoundChannel = new SoundChannel();

    function tevb1(event:TouchEvent):void
    {
      ch1 = au1.play();
    }
    function teve1(event:TouchEvent):void
    {
      ch1.stop();
    }
    tb1.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_BEGIN,tevb1);
    tb1.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_END,teve1);

    function tevb2(event:TouchEvent):void
    {
      ch2 = au2.play();
    }
    function teve2(event:TouchEvent):void
    {
      ch2.stop();
    }
    tb2.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_BEGIN,tevb2);
    tb2.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_END,teve2);

    function tevb3(event:TouchEvent):void
    {
      ch3 = au3.play();
    }
    function teve3(event:TouchEvent):void
    {
      ch3.stop();
    }
    tb3.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_BEGIN,tevb3);
    tb3.addEventListener(TouchEvent.TOUCH_END,teve3);
  5. Simpan dan coba di emulator dengan menekan Control enter.
  6. Saat mencobanya jangan langsung di klik, aktifkan dulu Touch and Gestur dengan menambahkan centang pada Touch layer seperti pada gambar berikut

Selamat Mencoba!

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

3 Komentar :

NDadi mengatakan...

bagus banget tutorialnya mas, klw boleh kasi masukan, sebagai pemula kalau disuruh ketik coding ikut contoh tutorial, kita gak bakal ngerti baris ini artinya apa, bagian ini artinya apa? fungsi ini maksudnya gimana? trus ini oop kah ato gimana? trus klw buat custom method sama costum function itu gmana? nah yang kayak gitu itu yang bagi pemula masih dirasa susah mas,. saya klw disuruh ikutin tutorial pasti udah tau jadinya bakal seperti apa,.tapi klw ditanya kenapa jadinya kyk gitu nah itu yang susah,.jadi mohon pencerahan nya mas,.
untuk setiap baris code klw bisa ada penjelasan nya,
Makasih sebelumnya

Tonimation mengatakan...

Kalo mau belajar dari awal, silahkan pelajari postingan lama saya. Kalo setiap postingan diberi keterangan kasihan yg sudah mahir, jadi mbosankan. Bagi pemula saya sarankan untuk mempelajari postinggal awal. Kalo perlu dari as2

jack anarky mengatakan...

gan saya sedang membuat game adnroid dengan flash saya kesulitan untuk menggerakan karakter, kemudian saya membuat tombol arah kanan, kiri bawah dan atas. itu kode as3 nya gimana ya gan ? tolong dibantu makasih :0

Poskan Komentar