Kamis, 04 Februari 2010

Belajar mengunakan Component scroll pane dengan Action Script Flash

Scroll Pane adalah components flash yang bisa menampilkan gambar yang lebih besar dari ukuran stage tanpa resize. Kok bisa? Ya bisa saja, kan pake scrolling (silahkan tertawa wakakakakaka). Selain digunakan untuk menampilkan gambar juga bisa untuk menampilkan teks. Object apapun bisa ditampilkan mengunakan scroll pane karena pada dasarnya scroll pane menampilkan sebuah movie clip ke dalam tampilan ber scroll bar.
Mari kita coba, Agar apa yang kita pelajari memiliki persamaan persepsi sebaiknya perhatikan contoh penerapan scroll pane dibawah ini


Dalam tampilan diatas saya mengunakan ukuran stage w400xh300, dan ukuran scrollpane yang sama. Maksud saya agar semua gambar memenuhi bungkusnya, tetapi tanpa menutup kemungkinan bahwa ukuran stage lebih besar. Sebelum memulai perhatikan gambar berikut

Cara membuat :

  1. Tampilkan library dan componen dengan cara memberi tanda centang di depan namanya di menu pulldown windows.
  2. Import gambar bitmap yang ingin anda tampilkan dengan cara ctrl-r.
  3. Ubah gambar bitmep menjadi symbol dengan cara clik kanan gambar di stage kemudian pilih convert to symbol, kemudian pilih movieclip dan berikan nama sebelum di klik Ok clik dulu advance, lalu klik linkage export to action script. (ingat nama yang anda tulis)
  4. Hapus mc yang dibuat pada langkah ke tiga (lihat di library harusnya masih ada movieclip tersebut).
  5. Masukkan scrollpane dari docker components ke dalam stage (clik and drug saja). Kemudian atur ukuran dan posisinya sesuai keingginan anda.
  6. Clik scrollpane di stage dan perhatikan prarameternya di bawah (lihat gambar diatas).
  7. Isi scroll conten dengan nama dalam linkage yang anda buat di langkah 3.
  8. Tekan ctrl-enter dan lihat hasilnya.
  9. Anda bisa memodivikasi movie clip sesuai selera anda.

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

4 Komentar :

Bruce mengatakan...

thanks for your post and google translete

muchlisoft mengatakan...

kalaua bikin Scroll Pane sendiri gmana caranya mas?? maksudnya Scroll Panenya gak standart gt, kita bikin model Scroll Pane dgn gambar gt, mohon pencerahannya, trimakasih..

Tonimation mengatakan...

@ Bruce : U welcome
@ Muchlisoft : Bisa saja mas, cuma bikin gambar sebagai slidernya, dan gambarnya mengunakan masking untuk menampilkan bagiannya. kemudian gerakan gambar dan slidernya disesuaikan dengan script.

muchlisoft mengatakan...

tlng bikinin tutorialnya dong mas... masih bingung bikin script nya....

Posting Komentar