Kamis, 30 Juni 2011

Array : Belajar Action Script Flash Dasar #7

Array adalah kumpulan data terstruktur yang memiliki type data yang sama. Data dalam array dapat kita olah untuk berbagai keperluan. Data Array ini hanya tersimpan pada komputer saat program dijalankan. Selain terdapat array setiap data pada array memiliki index yang khusus untuk mengidentifikasikan setiap data. Dengan demikian array kita dapat membuat kumpulan data dan mengolah serta memanfaatkan dengan mudah. Seperti juga pada pemrograman lain, Action Script Flash juga mengenal array.
Langkah pertama saat mengunakan array adalah mengidentifikasikan seperti Action Script berikut

macamarray = [];
Contoh action script mengisi Array
macamarray = [];
for (i=1; i<=9; i++) {
macamarray.push(i);
}
trace (macamarray);
Dengan AS diatas maka isi array macamarray (output dari perintah trace) adalah 1,2,3,4,5,6,7,8,9
Contoh action script mengetahui jumlah isi Array
macamarray = [];
tampilarray = [];
for (i=1; i<=9; i++) {
macamarray.push(i);
}
jisi = macamarray.length;
trace (jisi)
Dengan AS diatas maka jumlah isi array macamarray (output dari perintah trace) adalah 9
Contoh action script menghapus salah satu isi Array
macamarray = [];
tampilarray = [];
for (i=1; i<=9; i++) {
macamarray.push(i);
}
macamarray.splice(5, 1)
trace (macamarray)
Dengan AS diatas maka isi array macamarray (output dari perintah trace) setelah dihapus pada array ke 5 sejumlah 1 data (index array dimulai dari 0)adalah 1,2,3,4,5,7,8,9

Contoh Aplikasi
Salah satu manfaat array yang paling populer adalah pemanfaatannya dalam mengacak soal dalam quis. Setelah diacak kita dapat dengan mudah menampilkan sesuai dengan keinginan kita. Action script untuk mengacak soal sebagai berikut :
macamsoal = 15;
macamarray = [];
tampilarray = [];
for (i=1; i<=macamsoal; i++){
macamarray.push(i);
}
for (i=1; i<=macamsoal; i++) {
acak = random(macamarray.length);
tampilarray.push(macamarray[acak]);
macamarray.splice(acak, 1);
}
trace(tampilarray);
Penjelasan
Arti masing masing baris pada Action Script di atas:
  • Baris pertama adalah memasukkan isi variabel macam soal (misalnya macam soal 15)
  • Baris 2 dan 3 Deklarsi array dengan nama macamarray dan tampilarray
  • Baris 4, 5 dan 6 mengisi array macamarray menjadi 1 sampai 15
  • Baris 7, 8, 9, 10 dan 11 adalah mengambil secara acak, menghapus data array yang diambil kemudian mengisikan ke array tampilarray.
Dengan Action script diatas maka kita akan mendapatkan array "tampilarray" yang isinya acak antara 1 samapai 15. Meskipun kita mengambit isi array "tampilarray" secara berurutan kita akan tentap mendapatkan nilai acak dan tidak ada yang keluar dua kali.
Untuk penerapan dalam Quis di postingan sebelumnya serupa pada pemanfaatan array di Flash lite yang dibahan dalam postingan sebelumnya.

Keyword Post :
Adobe Flash, Action script untuk Array, pemanfaatan array. membuat acak soal pada quis

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

2 Komentar :

Unknown mengatakan...

Cooler bag semarang pilihan dalam hal membeli furnitur baru; mereka bisa menampungnya dibuat khusus dengan profesional, atau mereka bisa membelinya datar dikemas untuk membangun sendiri. Ada keuntungan dan kerugian untuk setiap, dan setiap satu dari mereka harus dipertimbangkan sebelum keputusan untuk mendapatkan diproduksi. Pelanggan mungkin memiliki ide mereka sendiri dalam hal apa fitur yang paling penting jual cooler bag harga murah carter dari furnitur membeli biasanya untuk mereka. Furniture mungkin diperlukan yang terutama kokoh dibangun. Ini akan terjadi jika mereka yang hilang bedroom furniture penting. Perbandingan kustom dibangun furniture dan mebel paket datar akan memungkinkan pelanggan untuk tahu apa yang diharapkan dari keduanya.

Ada vendor internet yang tersedia dan pilihan baru gift set lahir yang dibuat tersedia untuk anggota keluarga Anda untuk itu bayi. Vendor internet yang ditawarkan berbagai ide dan konsep. Sebuah solusi yang baik bisa menjadi pengiriman hadiah set yang baru lahir, yang mungkin berisi bermacam-macam dari berbagai item. Ada beberapa komponen penting yang terlibat dengan memilih yang terbaik set hadiah. Cobalah untuk memilih item melalui merek bayi diakui. Tinggi dinilai dan di samping merek yang diakui secara universal terikat untuk datang jual cooler bag harga murah multi function dengan hadiah yang besar. Pilih beberapa make familiar atau populer kaus kaki dan aksesoris bayi lainnya untuk memilih dari, seperti gaun bayi, popok antara lain. Mereka benar-benar akan membuat bayi bahagia dan tersenyum.

Ada banyak pilihan ketika datang untuk memilih kostum yang tepat dari sebagian besar toko ritel utama meskipun kostum diproduksi massal fitur satu sisi utama: diolah bahan kimia. Bahan kimia plastik yang lazim di kacamata, cat dan jubah dapat memperkenalkan racun yang tidak diinginkan untuk kulit dan paru-paru anak Anda.

Sterilisasi botol tersebut serta aksesoris botol keperawatan lainnya sangat penting dalam mencapai seratus% sanitasi. Botol mungkin disterilkan dengan menyikat botol bayi Anda dalam campuran sabun panas air mendidih kemudian puting dan botol dalam air mendidih selama beberapa menit atau melalui sterilisasi botol yang bisa mensterilkan botol hanya dalam hitungan menit.

Anda dapat menyesuaikan seluruh pandangan dari ikat kepala dengan melampirkan rambut bayi busur bersama-sama. Tapi pertanyaan yang paling khas yang menghantui setiap ibu adalah bagaimana untuk melampirkan busur tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena prosedur ini sangat mudah dan sederhana. Sebuah busur dapat dihubungkan ke ikat kepala tanpa hiasan tradisional nay. Yang perlu Anda lakukan adalah menenun jepit dalam dan keluar dari informasi saja cara satu tidak jarum mengembangkan kain. Klip buaya adalah pilihan yang paling berguna untuk itu mungkin dan harus ditenun dengan bangga sehingga headband Anda hanya tidak tersangkut. Bando merenda untuk bayi telah menjadi murah ditambah mereka tersedia bahkan di vendor internet. Ini sebenarnya rambut aksesori yang paling sering digunakan untuk bayi serta anak perempuan. Harga mulai dengan $ 1 dan akan meningkat menjadi sebanyak $ 30 tergantung pada pad yang digunakan. Namun, harga mungkin sedikit lebih tinggi dari toko-toko kami jika dibandingkan dengan vendor internet. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara $ 3 ikat kepala yang Anda hanya membeli di internet dan $ 15 ikat kepala yang dibawa dari toko lokal.

Unknown mengatakan...

Terimakasih artikelnya bermanfaat banget,

Ingin bisa desain grafis? Tapi bingung minta bantuan siapa? Belajar sendiri aja yuk.. kita lihat tutorialnya di kumpulan tutorial-tutorial gratis

Posting Komentar