Jumat, 10 Juni 2011

_parent dan _root : Belajar Action Script Flash Dasar #4

Pada postingan kali ini saya akan sharing cara membuat perintah dari root ke dalam movie clip atau sebaliknya. Dalam flash, semua perintah atau script digunakan untuk properties object yang ada di root. Demikian pula dengan besaran atau variabel ada pada root dan berdeda atau tidak berhubungan dengan segala hal yang ada di dalam movie clip. Tidak bisa dihubungkan dengan cara biasa tetapi harus ada perintah khusus, begitu pula untuk perintah-perintahnya. Misalnya anda akan memerintahkan objek/mc di dalam mc untuk bergerak, sedangkan perintahnya ingin anda letakkan di root. Untuk kondisi sebalinya juga dapat dilakukan.
Untuk mempelajari postingan ini anda harus bisa mengunakan flash dengan drawing flashnya, bila tidak silahkan baca postingan saya ini. Selain itu anda harus memahami action script dasar flash dasar, bila tidak silahkan pelajari postingan saya ini.
Untuk memudahkan coba perhatikan ilustrasi dibawah ini :
Dalam ilustrasi diatas, root (stage utama) terdapat movie clip 1(mc1) dan mc2. Bila kita masuk ke dalam mc1 akan terdapat mca. Pada root, movie clip 1, movie clip 2 dan movie clip a masing - masing memiliki time line yang tidak saling berhubungan, demikian pula dengan segala yang berhubungan dengan action script. Misalnya kita memasang AS di time line root hanya bisa merubah properties mc 1 dan mc 2. Demikian pula dengan AS yang ada dalam time line mc1 hanya dapat mengubah properties pada mc a tanpa dapat merubah mc 2 yang ada di root.
Perintah untuk mca yang ada di dalam mc1 bisa dilakuakan dengan script berikut

mc1.mca.stop;

Perintah untuk mc2 tetapi script ada di dalam mca bisa dilakuakan dengan script berikut
_root.mc2.stop;

Sedangkan untuk menghentikan time line mc1 sedang script ada di mca dengan cara berikut.
_parent.root.mc1.stop;

Hal ini juga berlaku untuk variable, gunakan nama mc untuk mengunakan variable yang ada di dalam mc dan mengunakan "_parent untuk mengunakan variabel 1 tingkat diatasnya atau mengunakan "_root" untuk ke tingkat utamanya
Untuk lebih jelasnya silahkan mencoba membuat animasi dengan mengikuti langkah berikut.
  1. Buat gambar bola dengan ukuran 20x20 seperti pada animasi dibawah, kemudian ubah menjadi mc dengan klik kanan confert to symbol. Jangan lupa memberi nama instan (mis bola)
  2. buat gambar kotak (ukuran dalam 120x120) yang mengelilingi bola seperti pada animasi dibawah. Kemudian kedua object (bola dan Kotak) di ubah menjadi mc dengan cara sama seperti langkah sebelumnya. Jangan lupa diberi instan name (mis kotak).
  3. Gambar yang dibuat memiliki struktur bola menjadi seperti mca dan kotak seperti mc1.
  4. Buat tombol dan masing masing diberi instan name atas, bawah, kiri dan kanan.
  5. Pada time line root pasangkan AS seperti dibawah ini
    naik.onRelease = function() {
    kotak.bola._y -= 10;
    };
    turun.onRelease = function() {
    kotak.bola._y += 10;
    };
    kiri.onRelease = function() {
    kotak.bola._x -= 10;
    };
    kanan.onRelease = function() {
    kotak.bola._x += 10;
    };
  6. Masuk ke dalam time line "kotak" dengan mendouble klik kotak dan selanjutnya clik mc bola dengan maksud akan memasang AS pada mc ini dengan script dibawah ini
    onClipEvent (enterFrame) {
    if (_x>50) {
    _x = 50;
    _parent._x += 10;
    }
    if (_x<-50) { _x = -50; _parent._x -= 10; } if (_y>50) {
    _y = 50;
    _parent._y += 10;
    }
    if (_y<-50) { _y = -50; _parent._y -= 10; } }
  7. Simpan percobaan anda dan tekan ctrl-enter untuk mencobanya.
Hal diatas hanyalah sebagai contoh, dan dalam penerapanya dapat digunakan untuk perintah yang lain dan pemanfaatan yang lain

Keyword Post :
Adobe Flash, Contoh pemanfaatan action script, belajar actionscript, perintah ke dalam movie clip, _parent, _root, membuat perintah di movie clip untuk root

Postingan yang berhubungan


Keyword Web:
android, action script 3, tutorial, modul, ebook, download sample, tips and trick, flash, tutorial flash, modul flash, ebook flash, download sample flash, tips and trick flash, flash lite, tutorial flash lite, modul flash lite, ebook flash lite, download sample flash lite, tips and trick flash lite, media pembelajaran interaktif, membuat media pembelajaran interaktif, mobile learning, tutorial mobile learning, modul mobile learning, ebook mobile learning, download sample mobile learning, aplikasi pendidikan, tutorial aplikasi pendidikan, modul aplikasi pendidikan, ebook aplikasi pendidikan, download sample aplikasi pendidikan, aplikasi handphone, tutorial aplikasi handphone, modul aplikasi handphone, ebook aplikasi handphone, download sample aplikasi handphone, Adobe flash 8

Anda pikir artikel kami berguna untuk orang lain?

  • Dukung flashbegin,com dengan mengklik tombol suka di sidebar kanan.
  • Bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah ini.
  • Tinggalkan komentar anda, agar kami bersemangat membagikan info baru.

7 Komentar :

suherman mengatakan...

mau bertanya donk pak.,
gimana kalau keduanya berada pada main frame(kedua2nya menggunakan parent_root)
jadi ketika benda bola menyentuh kotak maka kotak akan bergerak...

Tonimation mengatakan...

Ini saya buat begitu untuk memberi contoh pemanfaatan parent dan root. kalo semua dipasang di root yang tingal merubah komponen parent.rootnya saja. sesuaikan dengan kehendak anda.

Aghil Nugraha mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Tonimation mengatakan...

maaf pertanyaan hilang
"pak , saya mau tanya yang gambar ilustrasi diatas . kalau ingin menghentikan time line mc2 sedang script ada di mca bagaimana ? "
kalo dari root ya perintahnya tinggal ditambah nama instant mc tersebut misalnya mc2.Stop();

Unknown mengatakan...

Toko perlengkapan ibu hamil di medan setiap orangtua membeli produk bayi dan aksesoris khususnya pasti sebuah keputusan penting. Tidak ada orangtua keinginan untuk menetap 1down untuk item bayi yang pasti sesuatu yang jual perlengkapan bantal ibu hamil lembut kurang dari atas. Sedangkan belanja untuk hampir semua produk bayi atau aksesori, tujuan utama dari setiap orang tua akan memastikan kenyamanan bayi mereka. Situasi ini persis sama jika ada kereta bayi.

Artis akan pergi bekerja pada tubuh seluruh boneka Anda menggunakan cat ditambah jenis khusus dari dempul untuk mendesain ulang aspek yang berbeda dari boneka. Mereka mungkin membusungkan dalam pipi, tambahkan garis dan kerutan yang tidak sudah ada. Mereka melukis vena realistis bersama dengan pucat pori-pori hampir transparan jual perlengkapan bantal ibu hamil termurah dan kulit dari bayi yang baru lahir di seluruh boneka. Rambut hidup seperti ini sebenarnya berakar ke kepala boneka itu seringkali render terlihat menjadi bayi yang baru lahir. Beberapa seniman melukis rambut untuk boneka itu dan itu juga sangat realistis Anda akan tidak bisa mengatakan dengan pasti yang itu tidak rambut asli.

Selain bekerja pada permukaan boneka, banyak dengan seniman akan lem magnet dalam kepala boneka itu, terutama di belakang mulut. Setelah mereka magnet terpaku di, boneka siap untuk menerima favorit "Binky" atau dot yang itu, dalam banyak kasus, adalah dot merek. The dot juga akan dimodifikasi yang memiliki magnet yang sering ditutupi dengan merasa, yang dapat diletakkan pada wajah reborn baby doll untuk memberikan pengalaman yang jual bantal ibu hamil menyusui murah realistis lain. Ya, bayi bahkan terlahir kembali ingin mengisap dot!

Anda dapat mengirim hadiah yang sempurna untuk para anggota keluarga dan membuat hari mereka yang memiliki beberapa bersemangat dan lezat permen. Jika Anda mencapai tidak layak atau meragukan, Anda akan dapat mengirim hangat keinginan kotak hadiah desainer dengan delapan gourmet kue dan permen lezat. Orang juga memilih untuk hadiah barang-barang lainnya seperti kursi goyang, hadiah bayi mewah, hadiah anak, unisex pakaian bayi, hadiah bayi personalisasi & token berharga untuk keranjang misalnya bayi, memilih hadiah, selimut bayi, dan hadiah baby shower untuk eksklusivitas.

Terlebih lagi, sebagian besar bisnis online bahkan meningkatkan label desainer yang dapat benar-benar dipakai oleh anak-anak selebriti. Setelah rasa mewah orang tua mereka dari gaya, anak-anak selebriti juga telah mulai menciptakan tren tertentu mereka. Ini terbuka maka merek anak-anak dan anggaran belanja diisi dengan pakaian seperti itu. Bahkan, Anda dapat memilih merek seperti Splendid Littles yang unik merancang dan lembut kain dapat membuat bayi setiap akan terlihat dalam kerumunan. Atau Anda dapat juga memilih sesuatu seperti GYPSY 05 untuk membeli gadis gaya ini pakaian terutama celana olahraga dan kaus untuk gaun Maxi panjang. Tak perlu menyatakan, anak-anak Anda akan menjadi salah satu dari anak-anak berpakaian terbaik di mana pun mereka pergi. Dan Anda melakukannya tanpa memberikan dalam upaya atau waktu tambahan. Seperti tawaran yang menguntungkan hanya mampu dicapai melalui belanja bijaksana online.

Unknown mengatakan...

Terimakasih artikelnya bermanfaat banget,

Ingin bisa desain grafis? Tapi bingung minta bantuan siapa? Belajar sendiri aja yuk.. kita lihat tutorialnya di kumpulan tutorial-tutorial gratis

Haritsa Kids Store mengatakan...

Terimakasih artikelnya bermanfaat banget,

Ingat Anak Ingat Haritsa
Toko Perlengkapan bayi murah di medan

Posting Komentar